Menengok Gitar-gitar yang Pernah Dimiliki Kurt Cobain dari Nirvana


Tanggal 20 Februari lalu, , jika Kurt Cobain masih hidup, ia akan berusia 50 tahun. Namun sayang, ia mengambil nyawanya sendiri pada 5 April 1994 silam.

Sebagai salah satu musisi legendaris paling terkenal den terkeren di industri musik dunia, Kurt tentunya banyak menjadi panutan bagi musisi-musisi tak cuma dari dunia rock, namun aliran lainnya. Gayanya yang nyeleneh di atas panggung pun kadang masih sering kita lihat di dalam diri musisi-musisi baru saat ini.

Selama berkarier di dunia musik, Kurt Cobain sempat membawa bermacam-macam gitar koleksinya. Apa saja koleksinya? Berikut koleksi gitarnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1974/77 Univox Hi-Flier Phase 3

1974/77 Univox Hi-Flier Phase 3 (Hai-Online)

Ini adalah satu dari gitar yang Kurt pertama kali dapatkan dan banggakan. Gitar ini pertama kali diproduksi sekitar tahun 1974 hingga 1977. Sebenarnya, gitar ini adalah gitar versi murah dari merk yang Kurt sangat ingin beli, yakni Mosrite Ventures. Begitu sukses, Kurt akhirnya bisa membeli gitar dambaannya tersebut.

Kurt memainkan gitar ini sejak tahun 1980-an hingga tahun 1988 di konser-konser awal Nirvana. Ia merubah warna pickguard-nya menjadi warna merah muda dan menambahkan banyak sekali stiker ke body-nya.

Pada tahun 1988 bulan Oktober, Kurt, yang senang membanting-banting gitar, menghancurkan gitar pertamanya ini. Momen itu dianggap sebagai momen pertama dimana Kurt mulai rutin menghancurkan gitarnya di atas panggung.

Greco Mustang

Greco Mustang (Hai-Online)

Pada tahun 1988, Kurt terlihat sering menggunakan gitar Greco Mustang. Gitar ini adalah gitar kidal pertama yang ia beli. Kurt sangat menyayangi gitar ini, sampai-sampai ia memodifikasi gitar ini secara berlebihan. Gitar ini hanya terlihat sampai tahun 1989 saja, sampai akhirnya gitar baru muncul di tangan Kurt.

Hagstrom II F-200

Hagstrom II F-200 (Hai-Online)

Kurt memainkan Hagstrom ini untuk beberapa konser di benua Eropa pada akhir 1989. Beberapa kabar mengatakan, Kurt membeli gitar ini di Jerman. Kurt memilih sebuah gitar Hagstrom berwarna merah yang dikombinasikan dengan sedikit warna hitam. Pada bulan November, Kurt menghancurkan gitar ini di Italia.

1965 Fender Jaguar

1965 Fender Jaguar (Hai-Online)

Gitar ini hanya muncul di saat Nirvana sedang merekam lagu-lagu untuk dimasukkan ke dalam album “Nevermind” pada tahun 1991. Saat itu, gitar ini menjadi salah satu gitar ikoniknya Kurt.

Fender Jag-Stang

Fender Jag-Stang (Hai-Online)

Di pertengahan tahun 1993, Fender ingin berkerjasama bersama Kurt untuk membuatkannya sebuah model gitar sendiri. Akhirnya, beberapa perwakilan Fender bertamu ke rumah Kurt yang berada di sekitaran Hollywood, Amerika Serikat untuk membicarakan model gitar yang Kurt ingin ciptakan. Ternyata, Kurt ingin membuat perpaduan antara Fender Mustang dan Jaguar, dan jadilah Jag-Stang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak