Mendengar nama Korea Utara, mungkin yang terpikirkan adalah sebuah negara di mana para penduduknya sangat disiplin dan keras. Hal itu memang benar adanya. Tak cuma soal militer, pemerintah Korea Utara bahkan menerapkan aturan gaya rambut untuk warganya.

Dilansir dari Time, Rabu (22/2/2017), negara yang dipimpin Kim Jong Un itu hanya memberlakukan gaya rambut tertentu bagi pria dan wanita. Wanita menikah diinstruksikan untuk memilih gaya rambut pendek, sementara wanita lajang boleh dengan gaya rambut yang lebih panjang dan keriting.

Gaya rambut wanita yang sah di Korea Utara (Time)

Namun, gaya rambut keriting cenderung panjang biasanya dinilai ketinggalan zaman. Sebab gaya rambut seperti itu hanya tren pada tahun 80-an, termasuk di Korea Utara.

Sementara itu, pria dilarang bergaya rambut lebih panjang dari 5 sentimeter. Namun untuk pria yang lebih tua dapat memilih gaya rambut lebih dari 7 cm.

Gaya rambut pria yang sah di Korea Utara (Time)

Gaya rambut Kim Jong-un biasanya untuk mereka yang berasal dari kalangan elit. Namun, gaya rambut seperti itu juga disarankan bagi para pria di Korea Utara.

Yang unik, rupanya gaya rambut ini tak berlaku bagi sang ibu negara, Ri Sol-Ju. Ri Sol-Ju merupakan istri dari Kim Jong-un yang jarang tampil di ruang publik. Dijuluki sebagai â??Kamerad Ri Sol-juâ?, ia sering diberitakan oleh media luar negeri sebagai wanita yang memiliki tampilan yang berbeda dari wanita Korea Utara kebanyakan.

Karena keluarga Kim Jong-un penuh rahasia, tidak banyak yang bisa diketahui dari Ri Sol-ju yang menikah tahun 2009 ini. Namun ada beberapa foto yang menunjukkan ia tampil ke hadapan publik, seperti berikut ini.

Ri Sol-Ju dan Kim Jong-Un (Time)

Dalam satu kesempatan, ibu negara Korea Utara ini memakai gaya rambut seperti wanita Korea Utara kebanyakan. Namun pada penampilan lainnya, tampak Ri Sol-ju menemani sang suami dengan gaya rambut yang berbeda lagi. Rambutnya nampak terurai panjang lurus dan sedikit ikal di bagian bawah, seperti foto di atas.

Sepertinya hal ini wajar saja, mengingat sebagai Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol-ju harus berpenampilan menarik dan cantik di setiap kehadirannya mendampingi suami. (tom)