Bukan cuma serial animasi dan komik saja, kini “Transformers” juga telah menjadi franchise film yang memiliki banyak seri, dan semua serinya bisa dibilang sukses meraup penonton dari seluruh dunia.

Seperti yang kamu ketahui, “Transformers” menampilkan banyak tokoh-tokoh, atau dalam hal ini robot, dengan teknologi yang canggih. Dari semua judul itu, siapa saja tokoh  Transformers paling berkesan? Berikut kelimanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1Ironhide

Ironhide (Duniaku)

Veteran perang ini selalu disajikan sebagai salah satu Autobot tertua. Tapi usia tak menghalanginya untuk beraksi. Baik di animasi maupun film layar lebar, Ironhide selalu menjadi petarung yang bisa diandalkan. Sebagai prajurit yang telah diasah dalam beragam pertempuran, wujud Ironhide versi film memang terasa seperti mesin perang. Pengalaman tempur ini juga yang membuat Ironhide mampu menjadi tangan kanan Optimus.

2Soundwave

Soundwave (Duniaku)

Decepticon ahli infiltrasi yang juga merupakan tangan kanan Megatron. Di antara seluruh Decepticon, mungkin dia inilah robot yang paling loyal kepada pemimpinnya itu. Karenanya di kebanyakan versi Soundwave adalah satu-satunya robot yang bisa dipercaya oleh Megatron. Kalau tidak ada dia, mungkin Megatron akan berkali-kali lipat lebih pusing.

Di versi kartun dulu, Soundwave mampu berubah menjadi pemutar mikro kaset. Ikonik, namun mengingat kaset dan pemutarnya sudah kadaluarsa sejak lama, wujud transformasi Soundwave versi film pun diganti. Soundwave versi film juga kehilangan kemampuan menyusutkan tubuh, sesuatu yang bisa dilakukan Soundwave versi animasi bila berubah jadi pemutar mikro kaset.

3Bumblebee

Bumblebee (Duniaku)

Setelah film layar lebarnya rilis, Bumblebee bisa dibilang adalah karakter “Transformers” dari sisi Autobot terpopuler nomor dua. Baik hati dan ramah kepada anak-anak, Bumblebee adalah sosok yang bersahabat dan selalu siap membantu. Bahkan dalam situasi paling kelam sekalipun. Selain itu, robot yang satu ini juga menonjol karena keberaniannya. Ukuran tubuhnya biasanya tersaji lebih kecil dari rekan-rekannya yang lain. Namun tetap saja dia berani menghadapi tantangan yang membuat teman-temannya gentar.

4Megatron

Megatron (Enterpreneur)

Tak bisa dibantah kalau Megatron, dalam versi apapun, selalu bisa menjadi ancaman bagi para Autobot. Karenanya dia adalah karakter “Transformers” paling berkesan dari sisi Decepticon. Kelemahan Megatron di beberapa versi adalah dia merupakan pemimpin yang buruk, tak seperti Optimus Prime. Mulai dari menghina anak buahnya sendiri hingga menyakiti mereka. Megatron adalah tipe pemimpin yang mengendalikan anak buahnya dengan rasa takut. Mengingat Decepticon biasanya diperlihatkan sebagai kumpulan robot jahat, mungkin dia memang harus menggunakan metode tersebut.

5Optimus Prime

Optimus Prime (Gizmodo)

Kalau membicarakan karakter “Transformers” paling berkesan, sudah tentu Optimus Prime adalah nomor satu. Karakter Optimus Prime memang sudah sangat kokoh di benak para penggemar budaya pop. Pemimpin para Autobot ini selalu digambarkan sebagai pahlawan ideal. Karismatik, baik hati, penampilan keren, dan ahli bertempur, Optimus selalu bisa membalik keadaan selama dia ada untuk mengarahkan anak buahnya. (tom)