Buat kamu yang memang hobi nonton film, tentunya kurang lengkap jika kamu tak tahu dengan istilah-istilah yang ada di dalam dunia film, apalagi istilah itu terbilang umum dalam perfilman. Berikut adalah istilah-istilah film yang wajib kamu tahu jika kamu mengaku sebagai pecinta film, seperti dillansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Sekuel

Poster Harry Potter (Pinterest)

Sekuel secara gampangnya merupakan cerita lanjutan dari film sebelumnya. Seperti misalnya film pertama Harry Potter berjudul “Harry Potter and The Sorcerer’s Stone”, maka sekuelnya adalah film kedua Harry Potter yang berjudul “Harry Potter and the Chamber of Secrets”. Hal ini juga berlaku pada film-film lanjutannya.

2. Prekuel

Poster Star Wars Episode I-III (Starwars)

Jika sekuel adalah lanjutan, maka prekuel adalah kebalikannya. Contohnya seperti film “Star Wars”. Film “Star Wars” yang lebih dulu rilis adalah “Star Wars Episode IV” hingga “Star Wars Episode VI”. Beberapa tahun kemudian, baru dirilis “Star Wars Episode I” sampai “Star Wars Episode III”. Nah, episode I sampai III itu disebut dengan prekuel, yaitu cerita sebelumnya dari film yang sudah rilis duluan.

3. Spin-off

Minions (Ranthollywood)

Dari sebuah film atau cerita, terkadang ada hal-hal yang menarik untuk dibikin cerita atau filmnya sendiri. Hal inilah yang disebut sebagai Spin-Off. Contohnya adalah film “Minions” yang merupakan spin-off dari film “Despicable Me”, atau film “Annabelle” yang merupakan spin-off dari film “The Conjuring”.

4. Omnibus

Poster Jakarta Maghrib (Selebupdate)

Film omnibus adalah film yang di dalamnya terdiri dari berbagai judul berbeda, namun memiliki tema yang sama. Tiap-tiap judul yang ada di dalam film omnibus disutradarai oleh sutradara yang berbeda. Contohnya seperti film “Jakarta Maghrib” di atas, yang berisikan 5 cerita di dalamnya.

5. Twist

Adegan film Fight Club (Harper’s Bazaar)

Twist dalam film itu maksudnya punya cerita yang dibelokkan atau diputar. Jadi kalau biasanya film itu alurnya lurus-lurus saja dengan cerita yang juga sederhana, maka ada film yang alurnya kadang terbalik dan ceritanya juga tak terduga. Contohnya seperti film “Fight Club” yang dibintangi Brad Pitt, atau film “The Others” yang dibintangi Nicole Kidman.

6. Remake

Poster film King Kong (The Film Ferret)

Remake itu artinya membuat ulang film yang sudah ada, tanpa mengubah alur cerita dan tokoh-tokohnya. Umumnya, film remake dinilai memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan aslinya, namun tetap sukses dalam hal penjualan. Contoh film remake antara lain adalah “The Ring” versi Jepang yang di-remake ke versi Hollywood, atau film “King Kong”.

7. Reboot

Spider-Man (MondoFox)

Reboot bisa berarti â??menelanjangiâ?? material asli dan kemudian membuat cerita baru yang mungkin berbeda dari cerita aslinya. Reboot biasanya hanya menyisakan judul aslinya saja, namun ada juga reboot yang menggunakan judul berbeda. Proses reboot  membuang jauh-jauh sumber film aslinya. Contohnya bisa kita lihat pada film Batman â??The Dark Knight Trilogyâ?, atau â??Spider-Manâ? versi Sam Raimi yang kemudian di-reboot jadi â??The Amazing Spider-Manâ?, dan nantinya menjadi “Spider-Man: Homecoming”. (tom)