Louis Vivet, Orang Pertama dengan 10 Kepribadian


Kamu mungkin sudah menonton film “Split”, yang berkisah tentang Kevin, pria yang memiliki 23 kepribadian. Rupanya, dalam dunia nyata juga ada sosok manusia dengan banyak kepribadian. Dia adalah Louis Vivet. Berikut ini sejarahnya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Louis Vivet adalah orang pertama yang didiagnosis memiliki kepribadian ganda dalam sejarah. Lahir di Paris pada tahun 1863, ibunya adalah seorang pekerja seks komersial. Karena tidur dengan banyak pria, ibunya tak bisa tahu siapa pria yang menjadi ayah Louis. Sang ibu pun stres, dan menumpahkan frustasinya itu kepada Louis anaknya. Louis kerap diserang secara fisik maupun mental oleh ibunya. Hal itu menyebabkan Louis suka histeris dan bahkan lumpuh temporal saat muda.

Louis Vivet (Wikipedia)

Saat berumur 17 tahun, Louis mengalami kelumpuhan dari pinggang hingga ke bawah karena ia trauma akibat tangannya dililit ular berbisa, meskipun sang ular tidak menggigitnya. Ia kemudian dikirim ke rumah sakit jiwa. Di sana, ia suka tiba-tiba kejang. Dari sini ketahuan jika Louis menderita epilepsi.

Setelah satu setengah tahun dirawat, Louis tiba-tiba bisa bangun, berdiri, dan berjalan. Dan ia tak sadar bahwa seisi rumah sakit kaget dengan perubahan itu. Kepribadiannya berubah-ubah, dan ia tak punya ingatan tentang momen yang dialami kepribadian lainnya.

Setelah keluar dari rumah sakit, Louis menemui ibunya dan mencari pekerjaan. Namun, tak beberapa lama ia sakit lagi dan kembali dirawat di rumah sakit jiwa selama 18 bulan. Selama di sana, kepribadiannya berubah-ubah. Kadang, ia menjadi Louis yang kakinya lumpuh. Ketika itu, Louis menjadi orang yang tenang dan lembut sifatnya. Louis juga tidak suka minum anggur, baik hati, suka memberi makanannya.

Namun, ia juga bisa tiba-tiba seolah lupa dengan kelumpuhannya. Ia bisa membuat tubuhnya bisa berjalan lagi, dan di kepribadiannya itu Louis menjadi suka minum anggur, suka mencuri, pemarah dan suka pertikaian. Karena itu Louis selalu keluar masuk rumah sakit jiwa dan penjara.

Ia didiagnosis sebagai pasien dengan kepribadian ganda pertama dalam sejarah. Dokter yang menanganinya menjelaskan bahwa setidaknya Louis punya 10 kepribadian. Tapi, setelah dipelajari saat ini, para ahli sepakat bahwa Louis hanya memiliki dua kepribadian.

RS Bicetre (Wikipedia)

Louis akhirnya meninggal dunia pada 20 Oktober 1886. Dia tercatat terakhir kali sebagai pasien di RS Bicetre di Paris. Namun tak diketahui kapan dan bagaimana Louis meninggal. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak