Kedatangan Raja Arab Saudi, yaitu Salman bin Abdulaziz Al Saud kemarin tak hanya menjadi kabar baik bagi Istana Negara, namun juga menjadi rejeki tersendiri bagi perhotelan Indonesia.

Ketua Persatuan Hotel Republik Indonesia, Haryadi Sukamdani sudah menyatakan bahwa ada 3 hotel mewah di Jakarta yang disewa oleh pihak Arab Saudi saat berada di Jakarta. Selain di Jakarta, ada juga beberapa resor mewah lainnya untuk menginap saat rombongan raja berada di Bali. Bukan hotel biasa, deretan hotel yang dipilih Raja Salman merupakan hotel bintang lima plus.

Ritz Carlton, Jakarta (Ritzcarlton)

Seperti yang kita tahu, hotel bintang 5 sudah merupakan kelas istimewa untuk sebuah tempat menginap saat liburan. Selain kamar mewah, pelayanan maksimal, jelas akan memberikan kenyamanan kelas tinggi. Servis ala hotel bintang 5 ini biasanya meliputi kamar suite dengan mini bar juga private pc di dalamnya. Bahkan tersedia layanan laundry yang bisa selesai dalam waktu singkat. Nah, pelayanan plus dari hotel bintang lima hanya diberikan kepada tamu internasional.

Kamar di Raffles Jakarta (Instagram)

Dilansir dari Travelingyukcom, Kamis (2/3/2017), tak banyak hotel yang mampu mencapai rating bintang 5 plus di Indonesia. Namun, Bali sudah beberapa kali membuktikan sebagai surganya resor dan hotel mewah. Salah satunya adalah St. Regis yang berlokasi di Nusa Dua, Bali. Ini juga merupakan satu dari beberapa hotel yang dipilih Arab Saudi saat berada di Bali pada tanggal 4-9 Maret mendatang. Ada satu hotel yang kabarnya seluruh kamarnya akan disewa Raja Salman dengan tarif Rp 20-30 juta permalamnya.

Suite St. Regis (Stregisbali)

Untuk di Jakarta, kabarnya kamar yang dipilih Raja Salman berharga Rp 133 juta permalamnya. Kamar President Suite yang ada di Ritz Carlton seluas 401 meter persegi dengan fasilitas super mewah. Di dalam kamar juga terdapat kamar mandi full marble dengan separate bathtub and shower. Salah satu servis juaranya, tentu saja staf dengan kemampuan berbahasa dunia, termasuk Bahasa Arab.

ST Regis Nusa Dua, Bali (Stregisbali)

Selain Ritz Carlton, pihak Arab Saudi juga memilih Hotel Raffles sebagai tempat untuk menginap selama berada di Jakarta. Raffles Hotel menawarkan pengalaman menginap di kamar yang megah dan super wah. Setiap sudut Raffles Hotel dihiasi berbagai perabot dengan seni yang tinggi.

Makanan yang disediakan pun tak kalah mewah. Pihak Raffles menyatakan bahwa tak ada permintaan khusus dan mempercayakan semuanya pada hotel. Pihak hotel menjamin semua makanan yang dihidangkan berstatus halal.

St. Regis dan The Laguna yang ada di Bali sudah full booked, alias disewa seluruh kamar oleh pihak Raja Salman. Artinya, dua hotel ini tidak dibuka untuk umum selama rombongan Raja berada di Bali. St. Regis sudah dikenal keindahannya dan disebut-sebut sebagai surga dunia bagi para wisatawan asing dan diakui sebagai resor favorit oleh wisatawan asing. Berada di sudut mana pun di St. Regis, keindahannya serasa seperti di surga.

Restoran Boneka, St. Regis, Bali (Stregisbali)

Selain kamar mewah dan pelayanan ramah, makanan menjadi salah satu poin penting untuk nilai sebuah hotel. The Laguna memang sangat cocok untuk suasana liburan yang tenang karena ada private beach yang menyenangkan dan tidak terganggu oleh tamu lain. Makanan di The Laguna juga sangat istimewa. Bar dan restorannya telah berhasil menciptakan kuliner yang tak ada tandingannya.

Suasana makan di The Laguna (Instagram)

Setelah melihat kemewahan yang ditawarkan masing-masing hotel, apakah kamu juga ingin menginap di hotel tersebut? (tom)