Kamu pernah punya pengalaman mistis? Pernah merasa merinding di suatu tempat? Kebanyakan orang mengatakan pengalaman seperti itu dikaitkan dengan hadirnya sosok hantu. Namun, kini kamu tak perlu takut, karena sains telah membuktikan bahwa hantu itu tak pernah ada.

Fisikawan Brian Cox dalam podcast “The Infinite Monkey Cage” di BBC 4 yang secara khusus membahas fenomena metafisika mengatakan, hantu tidak ada. Menurut Cox, hantu tak ada sebab detektor paling ampuh sedunia di Large Hadron Collider (LHC) pun sampai kini tak mendeteksinya.

Brian Cox (BBC)

LHC adalah akselerator partikel terbesar, terdiri atas magnet mahakuat dan akselerator yang melemparkan partikel hingga bisa berinteraksi satu sama lain. Dengan demikian, LHC mampu melihat perilaku partikel. Dari situ, ilmuwan bisa sedikit demi sedikit mengungkap misteri alam semesta.

Proyek LHC telah mengonfirmasi Higgs Boson alias “partikel Tuhan”. Cox mengatakan, jika hantu ada, seharusnya LHC juga mampu mengonfirmasinya.

Cox menjelaskan, jika hantu benar-benar ada, maka hantu murni terdiri atas energi, bukan materi. Namun, jika tersusun atas energi, hantu seharusnya cepat hilang menjadi panas. Itu sesuai dengan Hukum II Termodinamika yang menyatakan, total entropi dalam sistem selalu meningkat, artinya energi hilang dan berubah menjadi panas.

Satu-satunya cara hantu bisa eksis dalam waktu lama adalah adanya sumber energi dari hantu itu sendiri. Namun, hingga kini, energi itu tak terdeteksi oleh LHC.

Large Hadron Collider (Nerdist)

“Jika kita menginginkan pola yang membawa informasi di sel hidup bertahan, maka kita harus menunjukkan secara pasti medium yang membawanya serta interaksinya dengan partikel penyusun tubuh kita,” kata Cox seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (2/3/2017).

“Dengan kata lain, kita harus membuat pembaharuan pada Model Standar Fisika Partikel, bahwa ada yang luput dari deteksi LHC. Itu tak terbayangkan dalam skala energi dalam interaksi partikel di tubuh kita,” imbuhnya.

Kesimpulannya, hantu itu tidak ada karena keberadaan hantu melanggar Hukum II Termodinamika. Jadi, masih takut dengan hantu yang sebenarnya tidak ada? (tom)