Lama tak terdengar kabarnya, band Ungu disangka sudah bubar. Kabar ini mencuat sejak sang vokalis, Pasha, resmi menjabat sebagai Wakil Walikota Palu sejak tahun 2016. Namun, band ini seolah menepis kabar bubar.

Hari Sabtu, tanggal 25 Februari lalu, band ini menggelar konser ulang tahun ke-20 bertajuk Ungu 20th Anniversary Concert Live in Singapore 2017 di Esplanade Concert Hall, Singapura. Yang mengejutkan, sempat muncul dengan formasi berempat, rupanya Ungu tampil dengan formasi lengkap malam itu.

“Alhamdulillah, penonton Singapura selalu menyambut baik dengan ramai, bahagia, senang melihat Ungu datang untuk konser. Apalagi Ungu sudah lama banget nggak konser seperti ini. Karena ini konser merayakan 20 tahun Ungu berkarya, jadi kami harus memberikan yang spesial. Harus menampilkan lebih dari yang biasanya,” ucap Pasha melalui rilis pers, seperti dikutip dari Rollingstonecoid, Kamis (2/2/2017).

Pasha Ungu saat konser (Rollingstone)

Total 16 lagu dibawakan Ungu, seperti “Percaya Padaku”, “Cinta Dalam Hati”, “Tercipta Untukmu”, “Ciuman Pertama”, “Bila Tiba”, “Seperti Yang Dulu”, “Dirimu Satu”, “Sayang”, “Sejuah Mungkin”, “Kekasih Gelap”, “Demi Waktu”, hingga single pertama mereka “Bayang Semu”.

Bahkan dalam deretan lagu tersebut Ungu sempat menyisipkan sebuah lagu baru yang rencananya akan dirilis pada 9 Maret mendatang. Lagu tersebut berjudul “Setengah Gila”.

“Setelah satu tahun istirahat, ini yang ditunggu-tunggu dan kami rasa Singapura adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan lagu terbaru kami untuk pertama kali,” lanjut Pasha.

Selain tampil dengan formasi lengkap, malam itu Ungu juga berkolaborasi dengan seorang penyanyi muda berbakat asal Singapura bernama Aisyah Azis. Bersama Aisyah, Ungu membawakan lagu “Tercipta Untukmu” di hadapan 2.500 penonton yang hadir.

Ungu (Esplanade)

“Saya sendiri sudah mendengarkan lagu Ungu sejak 10 tahun lalu dari radio. Saya suka lagu “Kekasih Gelap”. Waktu saya dikasih tahu akan menyanyi dengan Ungu, saya really merasa terpuja. Saya happy sekali bisa participate di konser ini,” ucap Aisyah yang masih berusia 23 tahun itu.

Ungu 20th Anniversary Concert Live in Singapore 2017 menjadi konser kelima Ungu yang pernah diselenggarakan di Singapura. Alasan mereka menggelar konser di sana karena jumlah Cliquers (sebutan penggemar Ungu) yang dirasa sesuai.

“Lewat konser ini, kami juga membuktikan walaupun di luar banyak isu yang bilang kalau Ungu bubar tapi kami masih di sini,” tutup Pasha. (tom)