Pernikahan tanpa Wedding Organizer (thewedding.com)

Hari pernikahan menjadi momen yang paling berkesan dalam hidup sehingga sangat dinanti-nantikan oleh pasangan kekasih. Oleh karena itu, perayaan pernikahan ini tidak boleh dianggap remeh dan sembarangan sehingga harus dipersiapkan dengan matang dan dari jauh-jauh hari. Kamu juga harus meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mempersiapkan pernikahan agar berjalan lancar. Kebanyakan pasangan yang akan menikah saat ini lebih memilih untuk menyewa jasa wedding organizer atau wedding planner karena tidak mau repot dan tidak mau pusing alias mau terima beres. Tapi untuk menyewa wedding organizer ini tentunya cukup menguras isi kantong kamu sehingga kamu harus menyediakan budget ektra. Nah, buat kamu yang ingin melangsungkan pernikahan tapi tak ingin menyewa jasa wedding organizer, kamu bisa simak tips dari JadiBerita di bawah ini!

1Membuat Daftar Persiapan

Membuat Daftar Persiapan (thewedding.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin menyiapkan acara pernikahan tanpa wedding organizer adalah membuat daftar persiapan. Daftar persiapan ini bisa berupa hal-hal yang paling mendasar dari acara pernikahan yakni lokasi pernikahan, kartu undangan, souvenir, catering, hingga baju pengantin. Semuanya harus kamu buat list satu persatu dari jauh-jauh hari. Biasanya jangka waktu yang dibutuhkan wedding organizer untuk menyiapkan acara pernikahan adalah sekitar tiga bulan lebih, tergantung dari berapa banyak tamu undangan yang akan kamu undang. Karena jumlah tamu undangan juga mempengaruhi persiapan pernikahan seperti dalam mencetak kartu undangan, porsi makanan yang akan dipesan, hingga jumlah souvenir.

2Menyusun Panitia Acara

Menyusun Panitia Acara (weddingku.com)

Tentunya kamu tidak bisa mempersiapkan acara pernikahan berdua saja dengan pasanganmu. Kamu butuh bantuan banyak tangan untuk mempersiapkan momen besar seumur hidupmu. Cobalah untuk membujuk keluarga serta teman dekat untuk membantu kalian menyiapkan acara pernikahan. Susunlah kepanitiaan acara pernikahan seperti siapa sekretaris yang akan mencatat semua keperluan acara, bendahara yang bertugas mengatur keuangan, bagian acara yang bertanggung jawab selama acara berlangsung, konsumsi yang nantinya akan mengatur makanan, hingga bagian dokumentasi untuk mengabadikan momen indah pada acara pernikahan. Dengan membentuk panitia acara pernikahan dari keluarga dan teman dekat, hal ini bisa mempererat hubungan persaudaraan serta pertemanan dari kedua pihak calon pengantin.

3Menghitung Anggaran Biaya

Menghitung Anggaran Biaya (shuttershock.com)

Setelah menyusun panitia acara, kamu harus menghitung anggaran biaya yang akan kamu keluarkan. Jika kamu mengalami kendala dalam menyusun anggaran biaya berdua dengan pasanganmu, maka ajak panitia acara pernikahanmu untuk rapat bersama dan membicarakan kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan di masing-masing post. Tak perlu sungkan untuk mengungkapkan biaya yang kamu miliki saat ini karena jika kamu tidak bersikap transparant, justru nantinya akan ada biaya-biaya tak terduga yang bisa membuat kamu kekurangan budget.

4Menentukan Gedung

Menentukan Gedung (thewedding.com)

Jika anggaran biaya sudah ditentukan, barulah kamu bisa menentukan gedung. Jangan pernah untuk menentukan gedung terlebih dahulu baru menghitung anggaran biaya karena kamu nanti ujung-ujungnya kamu malah mengeluarkan budget lebih untuk menyewa gedung, bukannya menyesuaikan harga sewa gedung dengan budget pernikahanmu. Jika harga gedung terlalu mahal, cobalah untuk mencari aula atau ruang auditorium yang disewakan. Pastinya harga sewanya jauh lebih murah dari harga sewa gedung. Jangan lupa untuk menyesuaikan kapasitas gedung dengan tamu undangan.

5Memilih Vendor

Catering Pernikahan (foodforthought.co.za)

Meski kamu memiliki panitia acAara pernikahan, tapi tak mungkin jika semua hal dikerjakan oleh panitia acara pernikahan. Kamu perlu vendor percetakan untuk mencetak beratus-ratus kartu undangan, catering untuk memasak makanan, vendor untuk pelaminan dan dekorasi, hingga vendor untuk souvenir pernikahanmu. Untuk memilih vendor ini, kamu perlu berdiskusi dengan panitia acara pernikahanmu, siapa tahu di antara mereka ada yang memiliki kenalan vendor-vendor tertentu sehingga kamu bisa mendapat potongan harga alias diskon. Lumayan khan?

Sekarang sudah tahu khan tips-tips untuk mempersiapkan pernikahan tanpa perlu menyewa wedding organizer. Semoga persiapan acara pernikahanmu lancar ya Jbers! (jow)