Kota Bali merupakan salah satu tempat dengan mayoritas penduduk beragama Hindu. Tak heran, di kota yang dijuluki Pulau Dewata ini banyak terdapat Pura. Tak hanya sebagai tempat beribadah masyarakat Hindu, Pura juga memiliki daya tarik sebagai tempat wisata.

Berkaitan dengan Pura, Bali ternyata menyimpan sebuah Pura eksotis yang berada di dasar laut, lho! Berada di Pemuteran, Buleleng, wisatawan menyebutnya dengan Taman Pura. Melansir dari Detik, tahun 2010 keberadaan  candi bawah laut ini sempat membuat heboh dunia lantaran disebut sebagai peninggalan kerajaan bawah air. Namun, candi tersebut bukanlah peninggalan arkeologis melainkan candi buatan yang sengaja dibangun di kawasan konservasi terumbu karang.

Bangunan candi tersebut sengaja dibuat oleh Chris Brown dan Paul Turley, warga Asing yang kini menetapdi Bali sebagai upaya konservasi. Mulai tahun 2000, berbagai benda seni ditenggelamkan di teluk tersebut.

Saat kamu menyelam di sini, kamu akan disuguhkan oleh bangunan candi lengkap dengan patung-patung seperti Budha dan Ganesha. Semua benda seni ini dibeli langsung dari pengrajin setempat, lho. Selain untuk tujuan konservasi, proyek ini juga punya nilai ekonomi dan pariwisata.

Pemandangan itu kini bertambah cantik karena benda-benda seni itu berhasil tertutup oleh koral warna-warni dengan konsep Bio Rock. Proyek Bio Rock tersebut sudah berlangsung di Desa Pemuteran selama 14 tahun. Saat ini, sudah ada 90 kerangka yang ditumbuhi terumbu karang sehat di perairan Pantai Pemuteran. Bersama Taman Pura, proyek Bio Rock menjadi highlight para penyelam di Teluk Pemuteran.

Buat kamu yang ingin menjelajahi eksotisme Taman Bawah Laut Pemuteran ini, kamu dapat telusuri di kawasan Teluk Pamuteran, Kabupaten Buleleng, Bali. Jaraknya sekitar 115 km dari Denpasar melalui Bedugul atau sekitar 3-4 jam perjalanan. Jika dari penyeberangan Gilimanuk berjarak 40 meter. Lalu, kamu dapat menghubungi dive operator untuk menyelam ke Taman Pura, antara lain Sea Rovers dan Reef Seen Bali.

Buat yang penasaran gimana cantiknya taman yang masuk dalam Top 10 Underwater Sights dalam buku “Lonely Planet: 1000 Ultimate Sights” ini, yuk intip dari foto-foto berikut ini.