detik.com

Banyuwangi punya wisata baru yang unik dan cantik. Berada di Pulau Santen, pantai di sini mengusung konsep yang unik yakni wisata syariah. Hal ini berarti Pulau Santen menjadi pantai syariah pertama berkonsep halal tourism dan satu-satunya di ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Pantai ini didesain beach club for women alias hanya dikhususkan bagi perempuan. Lelaki tidak diperkenankan masuk kawasan wisata pantai syariah tersebut. Alasannya, seperti dikutip dari Jawa Pos, seluruh petugas yang memberikan pelayanan di pantai syariah tersebut adalah perempuan dan berkerudung. Untuk segi keamanan juga semua melibatkan Satpol PP cantik atau Salpoltik.

newshub.id

Meski begitu, yang masuk di pantai syariah itu bukan hanya kaum muslim dan tidak harus berkerudung. Masyarakat umum nonmuslim juga diperbolehkan berkunjung. Konsep pantai syariah yang dimaksud adalah seluruh pengunjung di pantai tersebut berjenis kelamin perempuan.

newshub.id

Selain itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan jika seluruh kawasan pantai itu menyajikan makanan dan minuman halal. Bahkna, akan ada pemberitahuan menjelang waktu beribadah seperti peringatan suara azan, serta tempat bersuci lengkap dengan fasilitas tempat ibadah yang berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan.

.pojoksatu.id

â??â??Jadi, nanti ketika azan berkumandang, seluruh aktivitas di tempat ini harus berhenti. Boleh dilanjutkan kembali setelah azan selesai dan menunaikan salat bagi yang muslim,â??â?? jelas Anas. Keren, kan?

Uniknya, seperti diwartakan oleh Detik, pantai yang berada Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi ini dulu dikenal tempat prostitusi tengah kota dan kumuh yang telah ditata secara bertahap.

jengpatrol.com

Selain mengusung tema yang unik, kecantikan pantai ini juga tak perlu diragukan. Saat memasuki kawasan pantai, kamu akan disambut oleh jejeran mangrove yang terlihat rapi menghias di kawasan muara pantai. Payung-payung wisata cantik dan bantalan warna-warni, menambah daya tarik pantai yang memiliki hamparan pasir hitam legam ini. Tak lupa, pantai ini juga punya pemandangan sunset yang cantik!

Jadi kapan kamu berkunjung ke pantai cantik ini, JBers?