Korea Selatan tak hanya dikenal sebagai penghasil musik K-Pop dan drama saja. Teknologi di Negeri Gingseng ini dikenal lebih maju. Menariknya, teknologi ini mudah sekali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sana.

Bagi kamu yang bercita-cita ke Korea Selatan, baik cuma sebatas liburan ketemu artis idola atau ingin kuliah di sana, siap-siap dimanjakan oleh teknologi modern ini. Bukan cuma teknologi skala besar macam museum robot atau mobil yang bisa berjalan sendiri, tapi bagaimana inovasi-inovasi kecil benar-benar bisa mempermudah kehidupan warga sehari-harinya. Tak heran jika Seoul, ibu kotanya, dikenal sebagai â??the city of tomorrowâ??.

Dilansir JadiBerita dari Hipwee, berikut ini teknologi keren yang lumrah kamu temukan di Korea Selatan.

1Digital Door Lock.

bmlink.com

Bagi kamu pecinta drama Korea, tentu sering banget nemuin saat pemeran utama membuka pintu menggunakan kunci digital. Yup, di Korea kamu bakal jarang nemuin rumah yang masih menggunakan kunci sebagai pembuka pintu. Sudah zamannya serba digital, masuk rumah pun harus memencet tombol berisi password buat masuk rumah, dong!

2Subway Virtual Store.

pioneeringooh.com

Berbelanja memang biasanya menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Nah, di Korea ada terobosan baru, di mana kamu tak perlu membawa barang setelah berbelanja. Teknologi terkini adalah belanja virtual. Dilansir dari randomwire.com Tesco, yang dikenal sebagai Home Plus di Korea, merupakan perusahaan yang memiliki ide sangat inovatif ini. Kamu hanya perlu menggunakan smartphone untuk memindai kode QR pada gambar produk yang berada pada platform stasiun metro. Setelah menyelesaikan pembelian belanjaan kemudian dikirim ke rumah pembeli. Wah, mau!

3Dispenser payung.

alicdn.com

Di musim hujan seperti sekarang ini, payung menjadi alat penting yang mesti ada di dalam tasmu. Namun, terkadang kamu malas membawa payung basah ke mana-mana. Korea Selatan punya inovasi keren, lho. Di Korea Selatan, sudah banyak tersedia dispenser bungkus plastik khusus payung. Tinggal masukin aja payungmu ke salah satu lubang sesuai panjangnya. Dalam hitungan detik, payungmu akan terbungkus rapi sehingga bekas air tidak menetes ke mana-mana dan bisa dibawa dengan nyaman.

4PIR Motion Sensor.

tradett.com

Di Korea Selatan sudah jadi standar di setiap gedung atau rumah lampu bersensor yang akan menyala saat pintu terbuka. Lampu bersensor yang nyala otomatis seperti ini biasanya ditemukan di area pintu masuk, tempat mereka melepas sepatu. Di samping tak perlu gelap-gelapan begitu sampai rumah, teknologi ini juga bermanfaat untuk menghemat listrik lho. Di Indonesia, teknologi ini juga sudah masuk tapi masih jarang.

5Wifi everywhere.

feixiubook.com

Jika di Indonesia wifi masih belum mudah ditemukan, di Korea Selatan, kamu bisa menemukan wifi di mana-mana tanpa password dengan mudah! Terutama di Seoul. Hampir di setiap pelosok kota ini, kamu bisa menemukan jaringan wifi, bukan cuma wifi yang disediakan kafe, restoran, tapi di tengah jalan pun kamu bisa menemukan jaringan wifi jika punya paket langganan. Bukan paket data lho, tapi wifi yang disediakan provider teleponmu dan tersebar di mana-mana. Jadi ya tidak perlu tanya password.