Lagu-lagu K-Pop saat ini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Padahal jika ditanya, mungkin saja para penggemar lagu Korea itu tidak tahu arti dari lagu yang mereka dengar. Lalu, kenapa banyak orang Indonesia yang menyukai lagu Korea meski tak tahu artinya? Mungkin inilah 5 alasannya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1Bisa bikin baper

Lagu-lagu dari Korea, terutama lagu ballad, kebanyakan bisa membuat pendengarnya ikut merasakan sedih atau tersentuh, walau hanya mendengar musiknya saja tanpa tahu artinya. Sehingga tak heran jika penyanyi ballad terkenal sudah mengeluarkan album, lagunya bisa langsung jadi pemuncak tangga lagu. Beberapa penyanyi ballad yang cukup dikenal antara lain adalah Park Hyo Shin, Lim Chang Jung, Lee Sun Hee, Baek Ji Young, IU, Taeyeon Girls Generation, sampai Cho Kyuhyun.

2Bikin terngiang-ngiang

Lagu K-Pop kebanyakan bikin kita terngiang-ngiang, sehingga kita jadi tanpa sengaja tahu liriknya dan tanpa sadar ikut bernyanyi. Lagu yang gampang terngiang-ngiang itu contohnya “Gee” milik Girls Generation, “Sorry Sorry” milik Super Junior, “Nobody” Wonder Girls, dan lagu-lagu milik girlband yang lagi tren saat ini TWICE¬†seperti “Cheer Up”.

3Bikin suasana gembira dan ingin nge-dance

Lagu K-Pop memang kadang dirilis dengan tujuan bukan untuk menjadi juara di tangga lagu, tapi karena performance-nya. Lagu semacam ini biasanya dimiliki oleh boyband atau girlband. Mereka punya banyak lagu yang dijamin bakal bikin kita ingin mempelajari koreografi mereka. Lagu ceria ini juga bisa bikin kita gembira dan bersemangat. Coba saja dengar lagu GFriend di atas.

4Efek dari drama Korea

Tiap K-Drama itu punya soundtrack masing-masing. Kadang tiap karakter punya lagu tema sendiri. Atau tiap adegan bakal diputar dengan lagu yang pas. Jadinya setelah nonton, kita malah terngiang dan ingin dengar terus lagu soundtrack-nya. Contohnya adalah lagu “Always” yang dinyanyikan oleh Yoon Mi Rae di atas, yang juga merupakan OST dari drama” Descendants of the Sun”.

5Karena idola

Alasan klasik. Kadang banyak orang tak suka lagunya, tapi karena kita sudah terlanjur cinta dan ngefans dengan boygroup/girlgroup tertentu, lagunya jadi terdengar menarik di telinga kita. Biasanya lagu yang seperti ini dimiliki artis SM Entertainment. Banyak netizen kadang merasa lagunya ‘sampah’ tapi tetap menang di acara musik. Alasannya karena albumnya laku dan disukai oleh penggemar para artis tersebut. Tapi anehnya, meski kadang awalnya terdengar aneh di telinga, lama-lama lagu-lagu ini jadi enak didengar dan jadi candu juga. (tom)