Membawakan lagu milik penyanyi lain, atau lebih dikenal dengan istilah ‘cover’ bukan hal baru di dunia musik. Beberapa penyanyi banyak yang sukses menyanyikan ulang lagu versi asli menjadi versi baru. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 lagu lawas Indonesia yang lebih terkenal saat dinyanyikan ulang penyanyi lain.

1Pergi untuk Kembali

“Pergi untuk Kembali” terbilang sukses mengantarkan Ello menjadi penyanyi solo. Lagu ini diciptakan oleh Minggus Tahitoe yang tak lain adalah ayah Ello. “Pergi untuk Kembali” pernah dibawakan oleh beberapa penyanyi dalam berbagai versi, seperti versi Broery Marantika, Melly Goeslaw, dan Diana Nasution. Lagu ini telah populer sejak dekade 70-an dan 80-an, dan seolah menjadi lagu wajib momen perpisahan. “Pergi untuk Kembali” masuk ke dalam album Ello yang rilis pada 2005. Di tangan Ello, “Pergi untuk Kembali” terdengar atraktif dengan aransemen musik yang elegan.

2Nuansa Bening

Banyak yang mengira kalau lagu “Nuansa Bening” ini adalah milik Vidi Aldiano, padahal lagu ini adalah lagu lawas alias recycle yang pernah dinyanyikan Keenan Nasution pada era 80-an. Vidi sukses mencuri perhatian lewat lagu yang jadi single pertama dalam debut album “Pelangi Dimalam Hari” ini berkat aransemen yang berbeda jauh dengan lagu versi asli.

3Kisah Cintaku

Lagu versi asli milik Chrisye ini pasti sudah sering kamu dengarkan. Namun, begitu dirilis ulang oleh grup band Peterpan yang sekarang berganti nama menjadi NOAH, lagu ini jadi lebih terkenal. Aransemen musik khas Ariel dan kawan-kawan ini makin pas untuk didengar saat sedang patah hati.

4Symphony yang Indah

Lagu lawas milik Bob Tutupoly ini dibawakan dengan nuansa berbeda oleh Once Mekel mantan vokalis Dewa. Vokal khas Once membuat lagu ini makin mengena di hati karena terkesan berbeda dengan versi aslinya. Bob Tutupoly merilis lagu ini sekitar tahun 80-an, sementara Once muncul tahun 2010.

5Panah Asmara

Banyak yang dibuat jatuh cinta terkena panah asmara saat Afgan menyanyikan lagu ini. Padahal sebenarnya lagu ini pernah dinyanyikan oleh Chrisye feat Tohpati. Meski di lagu versi asli tak jauh berbeda dengan versi yang dinyanyikan Afgan, namun tempo atau beat yang lebih cepat memberikan nuansa groovy dan lebih ceria ala Afgan. (tom)