Sebelum manusia mengenal huruf, manusia menggunakan simbol untuk berkomunikasi. Simbol sendiri diartikan sebagai sebuah tanda atau kata yang menunjukkan sebuah ide, objek, atau hubungan antar suatu benda. Simbol bersifat universal, dalam artian meski bahasa yang digunakan berbeda simbol mewakili sesuatu yang sama, contohnya simbol hati untuk melambangkan cinta.

Sekarang ini sudah banyak simbol-simbol yang tersebar di seluruh penjuru tempat dan menjadi bagian dari keseharian kita, seperti misalnya 5 simbol ini. Namun tahukah kamu arti atau makna yang ada di balik simbol tersebut? Berikut penjelasannya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1Simbol Dan ‘&’

Simbol dan (Brainberries)

Tanda ini sudah digunakan bertahun-tahun lalu untuk menyingkat kata hubung ‘dan’ atau ‘and’. Lalu kenapa simbol dan memiliki bentuk seperti angka 8 yang berpita? Simbol ini sebenarnya bermula dari bahasa latin ‘et’ yang juga berarti ‘dan’. Dari huruf e dan t tersebut, terbentuklah simbol ‘&’ yang kita gunakan hingga saat ini.

2Simbol daya

Simbol daya (Brainberries)

Tanda daya alias power yakni lingkaran dengan garis vertikal ini didapatkan dari angka biner. Di dunia teknologi informasi, angka biner merupakan bentuk data dasar yang digunakan dalam perangkat elektronik apapun. Angka biner sendiri hanya diisi oleh angka 1 dan 0, 1 berarti hidup dan 0 berarti mati. Kurang lebih dari sinilah simbol daya terbentuk.

3Simbol Bluetooth

Simbol Bluetooth (Brainberries)

Simbol Bluetooth berasal dari rune Denmark dari abad ke-10, bahasa kuno yang jarang diketahui orang banyak. Simbol Bluetooth berasal dari huruf H dan B Denmark Kuno yang merujuk ke Harald Blatand, seorang Raja Denmark. Mengapa merujuk ke Raja Denmark? Rupanya sang Raja dulunya memiliki nama kecil ‘Bluetooth’ karena kegemarannya menyantap blueberry. Lalu kenapa fitur transfer data antar ponsel dinamakan Bluetooth? Karena Raja Harald Blatand tersebut berhasil mempersatukan negeri-negeri Skandinavia, sama seperti Bluetooth yang dapat menyambungkan satu ponsel dengan ponsel lain.

4Simbol @

Simbol @ (Brainberries)

Selain menunjukkan mention atau alamat penyedia e-mail, simbol ini kadang juga digunakan penjual untuk menjelaskan harga satuan dari dagangan mereka. Usut punya usut, simbol ini diturunkan dari istilah ‘at the price of’ yang berarti ‘pada harga sekian…’. Dalam istilah teknologi, simbol ‘@’ digunakan untuk membalas pesan yang ditujukan pada orang tertentu.

5Simbol damai

Simbol damai (Brainberries)

Simbol damai yang berupa lingkaran dengan empat garis membentuk huruf Y terbalik dengan tambahan satu garis ini ternyata didapatkan dari kode Semaphore. Simbol ini merupakan gabungan huruf N dan D dalam bahasa Semaphore. N dan D sendiri merupakan singkatan dari Nuclear Disarmament atau secara harfiah dapat diartikan sebagai bendera putih alias menyerah. (tom)