Home jadiInspirasi

Inspiratif! Dari Jualan Susu Saat Kuliah, Pemuda Ini Raih Omzet 1M!

Berbisnis saat kuliah memang bisa menjadi hal yang mengasyikan. Selain menambah penghasilkan, berbisnis saat kuliah juga merupakan suatu yang bermanfaat karena bisa meringankan beban orangtua.Sayang, kebanyakan mahasiswa berbisnis hanya sebatas menambah pemasukan saja atau malah sebatas iseng. Padahal kamu bisa, lho, memulai bisnis saat kuliah untuk jadi sesuatu yang lebih besar!

Mohamad Faizal Hidayat bisa jadi inspirasimu. Pemuda yang baru saja lulus dari D3 Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini membuka usaha kafe susu sambil kuliah. Siapa sangka, usaha kafe susunya ini berkembang pesat. Kini ia mampu mencetak omzet Rp1.080.000.000/bulan. Keren, bukan?

nice

A post shared by Mohamad Faizal Hidayat (@m_faisalhidayat) on

Dilansir dari dikti.go.id, Faisal telah memulai usaha penjualan susu pada awal 2013 dengan merek Its Milk. Dengan uang Rp1,3 juta ia nekat menyewa kios di Jalan Cempaka, Sekaran, yang tidak jauh dari kampusnya. Tak disangka, usaha penjualan susu  itu sukses. Pada bulan pertama saja ia bisa mengantongi keuntungan Rp5 juta. Keuntungan itulah yang digunakannya untuk melunasi sewa kios.

Bukan pengusaha sejati namanya kalau cepat puas. Begitu juga dengan Faizal. Ia berusaha membangun gerai Its Milk di tempat lain. Hingga kini, seperti dikutip dari Bintang, telah ada 18 gerai yang berhasil didirikannya di Indonesia, yaitu Semarang ada tiga, sementara masing-masing satu outlet telah buka di Magelang, Salatiga, Purwodadi, Rembang, Kudus, Blora, Purwokerto, Tegal, Solo, Tasikmalaya, Garut, Jember, Lumajang, Sidoarjo, dan Lombok. Wah!

holaa, spirit baru

A post shared by Mohamad Faizal Hidayat (@m_faisalhidayat) on

Satu outlet dengan outlet lain bisa mendapatkan omzet yang beragam. Outlet yang sepi hanya beromzet Rp30 juta, tapi outletnya yang ramai omzetnya bisa mencapai Rp400 juta. Namun, tidak semua keuntungan itu masuk ke rekening pribadinya. Sejak awal ia berkomitmen untuk mengembalikan keuntungan yang diraih untuk diinvestasikan kembali. Tak heran, jika usahanya terus berkembang.

Berkat jerih payahnya, pemuda asal Brebes ini tak hanya sukses membiayai kuliah hingga lulus. Ia juga bisa menyekolahkan adik terakhirnya, serta bisa membeli mobil keluarga seperti yang diinginkannya sejak lama. Bukan hanya satu, tapi empat. Bangga, kan?

Sukses berbisnis tak membuat Faizal abai dengan pokoknya. Ia tetap kuliah dan aktif di organisasinya, salah satunya di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Indeks prestasi-nya pun masih sanggup di atas tiga.

thanks for cooming rektor unnes and dekan FT, in my graduation and in my outlet

A post shared by Mohamad Faizal Hidayat (@m_faisalhidayat) on

Atas rasa syukurnya ini, iamembagikan seribu susu gratis di hari wisudanya di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jalan Sekaran, Gunungpati, Semarang, Selasa (7/3/2017). Yuk tiru kebaikan Faizal ini, JBers!