Selama ini, kebanyakan sepatu hanya difungsikan sebagai alas kaki saja. Namun berkat kemajuan zaman, kini sudah banyak sepatu yang tak cuma bisa berfungsi sebagai alas kaki saja tapi juga sudah bisa menjalankan fungsi yang dulu cuma bisa dilakukan oleh gadget seperti penunjuk arah secara digital misalnya. Dilansir dari Brightside, Jumat (10/3/2017), berikut adalah 5 sepatu yang memiliki teknologi canggih.

1Lechal

Sepatu bernama Lechal ini bakal memberimu arah jalan yang benar dengan tanda bergetar jika kamu salah berbelok atau salah arah. Jadi, setiap kamu akan melewati jalan sebuah Pod yang ada di sepatu sebelah kiri akan bergetar sebagai tanda kamu wajib berbelok ke kiri dan begitu juga sebaliknya pod di sepatu sebelah kanan akan bergetar kalau kamu wajib melewati jalur kanan. Selain bisa jadi penunjuk arah, sepatu ini juga bisa menghitung langkah kaki, kalori yang kamu keluarkan, dan jarak tempuhmu dalam satuan hari, minggu bahkan bulan.

2Digitsole

Digitsole ini dilaporkan bisa menghangatkan kakimu saat kamu berada di daerah dengan cuaca paling dingin sekalipun. Soalnya, sepatu ini memang dibekali dengan fitur penghangat hingga suhu 45 derajat celcius di bagian sol sepatunya. Selain itu, sepatu ini juga sudah mengusung fitur yang bisa bikin ikatan alias tali sepatu mengencang sendiri saat dipakai. Tak ketinggalan, sepatu ini juga sudah dibekali dengan fitur perekam dan pencatat aktivitas berjalanmu lengkap dengan jumlah kalori yang berhasil kamu bakar.

3ShiftWear

Sepatu buatan David Coelho ini dilaporkan bisa menampilkan gambar statis maupun bergerak di sekililingnya yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Tak perlu takut baterai habis, pasalnya baterai di sepatu ini tak mengonsumsi daya besar walaupun tiap dipakai sepatu bisa menampilkan gambar-gambar menarik. Uniknya, baterai yang dipakai sepatu ini bisa terisi secara otomatis saat kamu pakai berjalan.

4Nike HyperAdapt 1.0

Sepatu yang mengusung teknologi Nike Adaptive Lacing ini diklaim bisa mengencangkan tali secara otomatis. Jadi di sol bawah sepatu ada sensor yang dapat mendeteksi kelonggaran ketika berjalan dan teknologi itu bakal mengencangkan talinya secara otomatis mengikuti kontur kakimu.

5Li-Ning Smart Shoes

Sepatu pintar buatan Li-Ning ini dilengkapi dengan chip bluetooth built-in dan sejumlah chip sensor pelacak gerakan pengguna dengan grade untuk keperluan militer. Berkat chip itu, kabarnya sepatu ini bisa merekam dan mencatat kalori yang terbakar serta deretan aktivitas fitness lain yang biasa dicatat oleh pengguna. Li-Ning mengklaim kalau bahan sepatu buatannya ini kedap air, keringat, dan mampu menyangga beban pengguna dengan sangat baik. Selain itu, sensor di dalam sepatu ini diklaim tahan hingga sekitar setahun lebih dan daya tahan sepatu ini sendiri juga bakal seawet sepatu-sepatu jogging. (tom)