Pesatnya perkembangan teknologi saat ini bakal membuat siapa pun berdecak kagum. Banyak sekali hal-hal yang tadinya tidak mungkin, menjadi mungkin berkat perkembangan teknologi. Misalnya dalam membangun rumah.

Sejatinya, membangun rumah diperlukan waktu yang tak sebentar, perlu banyak tenaga dan bahan-bahan bangunan yang tidak sedikit. Namun, saat ini membangun rumah bisa lebih cepat dengan teknologi printer 3D!

Dilansir di Bintang dari Bored Panda, sebuah perusahaan yang berbasis di San Fransisco telah menciptakan alat berupa mesin cetak atau printer untuk membuat rumah bernama Apis Cor. Menariknya, alat ini berhasil membangun sebuah rumah hanya dalam waktu 24 jam! Dalam website resminya, Apis Cor mengklaim, bahwa perusahaannya telah menjadi yang pertama di dunia dalam mengembangkan printer 3D untuk membangun sebuah rumah.

Cara mencetak rumah dengan printer 3D yang digunakan Apis Cor memang berbeda. Biasanya membuat rumah dengan printer 3D dilakukan dengan dua tahap terpisah, pertama menciptakan bagian-bagian rumah dahulu kemudian baru dirakit menjadi menjadi rumah. Sementara Apor Cor mencetak rumah dengan printer 3D langsung di lokasi. Keren, kan?

Penemu printer 3D mobile dan pendiri Apis Cor, Nikita Chen-yun-tai, dilansir dari Vivanews, mengatakan, kemampuan printer temuannya itu bisa otomatis untuk â??mencetak segalanyaâ??. Dengan desain yang fleksibel dan mirip dengan bentuk konstruksi derek, printer 3D mobile buatannya bisa menjangkau sudut lebar dan sempit sekali pun. Kemampuan ini tidak ada pada printer 3D yang bertebaran di pasaran.

Printer yang bersifat mobile itu, seperti dikutip dari Liputan6, konon mampu menciptakan bangunan yang bisa bertahan selama 175 tahun. Kabar tersebut belum seberapa, lebih dari itu, harga printer 3D tersebut dibandrol seharga 10.000 dolar AS atau sekitar Rp133 juta.

Penasaran bagaimana cara kerja printer ajaib ini? Lihat yuk dalam video berikut ini.