Nama Studio Lokananta mungkin masih asing terdengar di telinga kamu. Tapi buat para penggemar musik di era 1960-1990an, nama Lokananta pasti akan sangat diingat sebagai studio yang punya peran penting dalam sejarah perkembangan musik di Indonesia. Tercatat, ada berbagai nama musisi besar yang lahir melalui perusahaan rekaman pertama di Indonesia ini.

Dilansir dari Hai-Onlinecom, Jumat (10/3/2017), studio yang bangunannya sudah ditetapkan sebagai situs cagar budaya ini, memiliki lokasi di Jalan Ahmad Yani No. 387, Surakarta, sekitar 2 km dari Stasiun Purwosari, Solo. Berdirinya Lokananta sendiri dipelopori oleh dua pegawai RRI Surakarta, Oetojo Soemowidjojo dan Raden Ngabehi Soegoto Soerjodipoero pada tanggal 29 Oktober 1956.

Koleksi piringan hitam milik Lokananta (Hai-Online)

Nama Lokananta sendiri mengambil filosofi dari dunia pewayangan yang berarti gamelan milik khayangan yang bersuara merdu. Adalah musisi legendaris yang juga Menteri Penerangan pada era Presiden Sukarno, Raden Maladi, yang menggagas nama Lokananta.

Studio Abbey Road (Historicalstudios)

Salah satu yang spesial dari Lokananta adalah studio rekamannya. Di studio ini terdapat terdapat berbagai peralatan rekaman berkelas dunia. Bukan hanya itu saja, kualitas rekaman di Lokananta bahkan disebut setingkat lebih bagus daripada studio Abbey Road di London, Inggris, tempat rekaman band legendaris The Beatles. Pasalnya, speaker buatan perusahaan audio milik James Bullough Lancing bermerk JBL yang ada di Lokananta, disebut tinggal satu-satunya di dunia.

Studio Rekaman Lokananta (Hai-Online)

Karena itu, tak salah jika grup musik White Shoes and The Couples Company pada November 2012 lalu pernah rekaman di studio ini untuk menggarap mini album â??White Shoes & The Couples Company Menyanyikan Lagu-lagu Daerahâ?, Bahkan, acara rilis albumnya sendiri juga dilakukan di Lokananta pada tanggal 30 April 2014 lalu.

White Shoes and The Couples Company, salah satu band yang pernah rekaman di Lokananta (Hai-Online)

Selain White Shoes and The Couples Company, grup band Pandai Besi juga pernah rekaman secara live di studio ini. Tak ketinggalan juga musisi papan atas, Glenn Fredly and The Bakucakar yang juga pernah melakukan konser live di Lokananta. Grup-grup ini ikut serta menyebarkan semangat buat kamu muda agar lebih mengenal Lokananta. (tom)