Home jadiGaul jadiRomantis

Bagaimana Cara Hilangkan Rasa Cemburu Berlebihan?

Rasa Cemburu (www.amysedu.com)

Dalam sebuah hubungan percintaan, cemburu adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh masing-masing orang. Rasa takut kehilangan menjadi salah satu hal utama yang memicu timbulnya rasa cemburu. Banyak orang yang bilang kalau cemburu itu adalah bumbu dari sebuah hubungan asmara dan cemburu adalah tanda cinta. Tapi jika kadarnya sudah melebihi batas, cemburu justru bisa menjadi bumerang dalam hubungan kamu. Tak jarang ada hubungan yang berakhir akibat pertengkaran yang dipicu akibat rasa cemburu. Nah, kamu tentunya tak ingin hal tersebut terjadi pada dirimu khan? JadiBerita kali ini akan memberikan lima cara untuk menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan pada pacar. Simak baik-baik ya JBers!

1Berpikiran Positif

Positive Thinking (thebridalbox.com)

Rasa cemburu terkadang muncul karena adanya pikiran negatif yang terus menerus datang. Misalnya saat pacarmu tidak membalas pesanmu atau saat dia membatalkan janji, kamu pasti akan berpikir yang macam-macam tentang dirinya. Padahal belum tentu dia melakukan hal-hal negatif seperti yang kamu pikirkan. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk selalu berpikiran positif dan mempercayainya. Jika kamu percaya kalau cintanya hanya untukmu, dia tak akan mungkin melakukan hal-hal yang negatif seperti yang kamu pikirkan, kamu akan terhindar dari rasa cemburu.

2Jangan Membandingkan Dia dengan Orang Lain

Membandingkan Pacar dengan Orang Lain (mifamiliamagazine.net)

Membandingkan pacar dengan orang lain adalah hal yang sebaiknya kamu hindari. Biasanya kamu akan membandingkan dia dengan mantan pacarmu atau pacar teman-temanmu. Ingat ya JBers, semua orang selalu memiliki sisi baik dan buruk dalam dirinya. Jadi jangan selalu melihat orang lain dari sisi baiknya saja karena kamu belum mengenal sisi buruknya. Cobalah untuk selalu bersyukur memiliki pacar seperti pacarmu sekarang. Carilah sisi baiknya dan cobalah untuk mentolerasi sisi buruknya sehingga kamu jadi tidak membanding-bandingkan dia dengan orang lain lagi.

3Kurangi Rasa Posesif

Rasa Posesif yang Berlebihan (www.newlovetimes.com)

Cara ini memang paling berat dilakukan karena rasa cintamu yang berlebihan bisa merubahmu menjadi sosok yang sangat posesif. Jauh sebelum kamu menjadi pacarnya, dia juga punya kehidupan pribadi seperti teman dan keluarga yang mengisi hari-harinya. Jangan karena berpacaran denganmu, lantas dia harus mengurangi waktunya bersama dengan teman dan keluarga untuk terus bersama denganmu. Cobalah untuk selalu memposisikan dirimu pada posisinya. Kamu sendiri juga punya teman dan keluarga bukan? Ada waktunya dia bersama dengan teman atau keluarga, dan ada waktunya dia bersama dengan dirimu.

4Jangan Terlalu Fokus Pada Hubungan Kalian

Jangan Terlalu Fokus Pada Hubungan Cinta (youqueen.com)

Kamu pernah tidak bertanya pada dirimu sendiri kenapa kamu selalu saja bersikap cemburu pada pacarmu? Bisa jadi penyebabnya adalah karena kamu terlalu fokus pada hubungan kalian berdua. Akibatnya yang ada dalam pikiranmu hanya dia, dia, dan dia saja. Hidupmu tak akan berarti lagi tanpa dirinya dan dia harus selalu bersama denganmu. Cobalah untuk mengisi hari-harimu dengan kegiatan lain yang bisa mengalihkan pikiranmu dari dia seperti fokus untuk belajar hingga pergi bersama dengan teman atau keluarga.

5Kurangi Kekepoanmu Akan Hal yang Bersifat Pribadi

Kekepoan yang Berlebihan (neilrosenthal.com)

Kepo alias ingin tahu memang wajar kok. Tapi jika kamu selalu kepo akan kehidupan pribadinya dengan sok menyelidiki dari sosial media, cek whatsapp atau linenya, hal itu bisa menjadikanmu berpikiran yang macam-macam. Sebaiknya, jika kamu ingin tahu tentang hal-hal yang bersifat pribadi, kamu bisa bertanya langsung pada dirinya atau menunggu dia menceritakannya sendiri kepadamu. Toh, kalau dia sudah merasa nyaman dengan hubungan kalian, dia akan bercerita dan berkata jujur kepadamu.

Jika sudah tahu kelima cara di atas, bagaimana jika kamu langsung praktekkan sekarang? (jow)