Ada istilah jangan menilai buku dari cover-nya. Hal ini rupanya juga berlaku di dunia musik. Memang, saat kita melihat CD album, yang pertama kita lihat adalah cover-nya. Meski demikian, menilai dari cover saja jelas tidak baik. Kita harus lihat juga isinya.

Meski cover tak selalu menggambarkan bagus atau tidaknya materi lagu dari musisi atau band, tapi cover selalu bisa menarik mata untuk melirik dan terus menikmati isinya. Berikut ini adalah 5 cover album terbaik sepanjang masa, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1The Velvet Underground and Nico – The Velvet Underground & Nico (1967)

The Velvet Underground and Nico (Provoke-online)

Album ini merupakan debut dari band rock asal Amerika Serikat, The Velvet Underground and Nico. Cover bergambar pisang ini merupakan hasil karya seniman bernama Andy Warhol. Tak cuma bikin cover, Andy Warhol juga jadi produser untuk album ini. Dan pisang pada cover tersebut sampai sekarang jadi legendaris, meskipun terlihat simpel.

2The Beatles – Abbey Road (1969)

The Beatles – Abbey Road (Provoke-online)

Foto menyeberang jalan dari The Beatles ini juga menjadi salah satu cover album terbaik. Foto yang diambil di seberang Abbey Road Studio ini masih ditiru sampai sekarang buat sekedar update foto di Instagram. Album ini adalah satu-satunya sepanjang sejarah album The Beatles di mana mereka tidak meletakan nama mereka ataupun judul album pada cover.

3Led Zeppelin – Led Zeppelin (1969)

Led Zeppelin – Led Zeppelin (Provoke-online)

Cover album untuk debut dari band Led Zeppelin ini memang menarik perhatian. Meski berwarna hitam putih, di cover ini tergambar sebuah pesawat yang terbakar sebelum jatuh dan memakan banyak korban jiwa. Mungkin foto cover ini brisikan harapan agar karier Led Zeppelin ‘meledak’ bagaikan cover albumnya. Terbukti, Led Zeppelin masih terus digemari hingga saat ini.

4Pink Floyd – Dark Side of The Moon (1973)

Pink Floyd – Dark Side of The Moon (Provoke-online)

Cover ini memang terlihat sederhana, hanya telrihat sebuah cahaya yang masuk ke prisma dan menjadi pelangi, seolah menggambarkan bagaimana efek karya Pink Floyd ke para pendengarnya. Sampai sekarang, cover album ini pun masih banyak disukai. Tak heran banyak yang menjadikan cover album ini sebagai gambar kaos atau barang lainnya.

5Nirvana – Nevermind (1991)

Nirvana – Nevermind (Provoke-online)

Cover album dari Nirvana ini juga salah satu yang terbaik dan selalu dikenang. Cover ini memperlihatkan foto seorang bayi berenang untuk meraih uang dan menceritakan bagaimana nilai-nilai masyarakat diteruskan ke generasi muda. Si bayi dalam cover tersebut kini telah tumbuh dewasa. (tom)