Lagu yang pas bisa menambah kuat nuansa dari suatu momen. Ulang tahun misalnya, momen tersebut akan makin kuat ‘feel’-nya ketika kita memainkan lagu yang bernada gembira dan merayakan. Rupanya, ada juga lagu-lagu Indonesia yang menjadi ikon saat momen tertentu. Lagu apa saja? Berikut kelimanya, seperti dilansir jadiBerita dari Kapanlagicom, Rabu (15/3/2017).

NTRL – Garuda di Dadaku

Siapa yang tak tahu lagu “Garuda di Dadaku” yang dibuat oleh NTRL? Ketika itu mereka masih menggunakan nama Netral. Tak disangka-sangka lagu yang menjadi soundtrack dari film yang bercerita tentang sepak bola nasional ini akhirnya seakan menjadi mars wajib kala Kesebelasan Garuda bertanding di lapangan.

Jamrud – Selamat Ulang tahun

Meskipun terkenal sebagai grup rock, Jamrud berhasil membuat sebuah anthem populer yang ikonik lewat lagu berjudul “Selamat Ulang Tahun”. Sesuai judulnya, lagu ini pas diputar saat ada seseorang yang sedang ulang tahun.

Iwa K – Nombok Dong

Jika sepak bola erat dengan lagu “Garuda di Dadaku”, bola basket punya lagu ikonik yakni “Nombok Dong” yang dinyanyikan oleh Iwa K pada tahun 90-an silam.

Ebiet G. Ade – Berita Kepada Kawan

Ketika bencana alam datang di Indonesia, lagu yang akan banyak diputar di televisi adalah lagu berjudul “Berita Kepada Kawan” dari musisi senior Ebiet G. Ade. Selain momen bencana, lagu ini tak pernah diputar lagi saat momen lainnya.

Cokelat – Bendera

Kalau berada pada momen-momen yang berkaitan dengan nasionalisme, biasanya media-media memainkan lagu “Bendera” yang dipopulerkan oleh Cokelat. Lagu ini dulunya dibawakan mereka saat masih memakai Kikan Namara sebagai vokalis. (tom)