Cara Meminta Maaf yang Tulus(amazonaws.com)

Manusia tak pernah luput dari kesalahan, baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja. Ada banyak pasangan kekasih yang putus karena tak ada yang mau meminta maaf satu sama lain, padahal mereka tahu kalau mereka sama-sama melakukan kesalahan. Alasan utama orang tidak mau mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah karena gengsi dan harga diri yang dipertaruhkan. Tapi dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada orang yang telah kamu sakiti, tentunya kamu sudah menjadi orang yang berjiwa besar, bertanggung jawab, dan dewasa. Lalu bagaimana caranya untuk meminta maaf dengan tulus agar dia mau memaafkanmu? Buat kamu yang ingin meminta maaf dengan tulus, JadiBerita punya lima caranya untuk kamu, yaitu:

1Bicara Jujur

Meminta Maaf dengan Jujur (pinterest.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat meminta maaf adalah berbicara jujur. Katakan dengan jujur kepadanya kalau kamu telah melakukan kesalahan dan kamu meminta maaf dengan tulus agar dia mau memaafkanmu. Dengan berbicara jujur dan tidak ada yang kamu tutup-tutupi akan membuatnya kembali percaya denganmu, tapi jika kamu menyelipkan kebohongan sedikit saja dalam permintaan maafmu, suatu saat dia pasti akan mengetahuinya dan kamu tak akan dimaafkannya lagi untuk yang kedua kalinya. Tunjukkan kalau kamu benar-benar sadar telah melakukan kesalahan.

2Jelaskan Alasan Secara Spesifik

Jelaskan Alasannya(goodtherapy.org)

Kesalahan yang kamu perbuat pasti ada alasannya. Jelaskan kepadanya secara spesifik kenapa kamu melakukan kesalahan tersebut. Apa kamu sengaja atau kamu tak sengaja melakukannya. Jangan cuma meminta maaf dengan singkat seolah kesalahanmu tidak berarti banyak. Kamu memang ingin masalah antara kalian cepat selesai dengan kamu meminta maaf dan dia memaafkanmu. Tapi dengan sabar menjelaskan secara spesifik bisa membuatnya lebih mudah untuk memahamimu dan mengerti alasanmu melakukan kesalahan tersebut.

3Jangan Membela Diri

Jangan Membela Diri (lovepanky.cdn)

Hal ini sudah banyak terjadi saat sedang meminta maaf. Biasanya orang akan melakukan pembelaan diri atas kesalahan yang telah mereka perbuat. Baik itu dengan menyalahkan orang lain atau membanding-bandingkan kesalahanmu dengan orang lain. Jika kamu meminta maaf kepada orang yang sayangi, tak seharusnya kamu melakukan hal tersebut JBers karena hal hal ini justru membuat kamu terlihat tidak tulus meminta maaf. Kamu tak ingin khan kalau permintaan maafmu itu hanya formalitas agar dia tidak marah lagi padamu.

4Dengarkan Apa Maunya

Dengarkan Apa Maunya (mirror.co.uk)

Berhubung kamu di posisi yang salah, maka kamu harus banyak bersabar sebagai bentuk atas penyesalanmu telah melakukan kesalahan. Jika dia mengungkapkan apa maunya kepadamu atau menasehatimu, coba dengarkanlah dengan baik. Jika kamu terus berbicara dan tidak membiarkannya mengungkapkan apa maunya, pasti kalian berdua akan bertengkar dan permintaan maafmu kepadanya akan sia-sia saja.

5Berjanji Kalau Kesalahan yang Sama Tak Akan Terulang

Berjanji Tak Akan Mengulangi Kesalahan yang Sama(www.themodernman.com)

Hal ini paling penting saat kamu meminta maaf. Manusia memang kerap melakukan kesalahan, tapi yang paling utama adalah bagaimana kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama kembali. Dengan berjanji kepadanya kalau kamu tak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi, otomatis rasa percayanya kepadamu akan kembali lagi dan dia akan menganggap kalau permintaan maafmu tulus. Tapi kamu harus benar-benar melakukannya loh JBers! Jangan sampai kamu berbohong dan terjebak dalam kesalahan yang sama lagi.

Sekarang sudah tahu khan cara-caranya. Semoga dia cepat memaafkanmu ya JBers. (jow)