Ponsel genggam memang terus berkembang seiring perkembangan jaman. Sebelum adanya smartphone seperti sekarang, orang-orang mungkin telah memiliki beberapa ponsel keluaran lama. Namun seorang pria asal Dobsina, Slowakia kini membuka museum ponsel setelah memiliki lebih dari 3.500 ponsel berbagai merek.

Dilansir dari Odditycentral, Selasa (21/3/2017), pria bernama Stefan Polgari itu sudah tertarik dengan dunia ponsel sejak berusia 15 tahun. Meski tinggal di wilayah kota yang kecil, namun ia mampu mengikuti perkembangan ponsel melalui Internet. Pria 26 tahun ini pun mulai mengoleksi ponsel dengan membeli ponsel yang tersedia di negaranya.

Pria ini memiliki berbagai tipe ponsel keluaran Alcatel, Sagem, Siemens, ZTE, Ericsson, Samsung, Trium, Nokia, Panasonic, Motorola, Mitsubishi, Bosh, Sony-Ericsson dan Philips. Namun koleksinya bertambah dengan drastis pada dua tahun lalu saat ia membeli seribu ponsel jadul dari kolektor lain setelah membayar ratusan juta.

Koleksi ponsel jadul (Odditycentral)

Stefan mengaku sangat tertarik bagaimana teknologi dapat mempengaruhi perkembangan ponsel selama dua dekade terakhir ini. Ia pun mengaku masih merawat koleksi-koleksinya itu dengan teratur dan menganggapnya sebagai benda bersejarah yang bernilai tinggi. Kerennya lagi, dari 3.500 koleksinya, sebagian besar masih dapat digunakan dengan baik.

Stefan pun menyulap rumah lamanya di Dobsina dengan untuk menjadi Museum of Mobile Phones. Sebelumnya telah ada kolektor lain yang memiliki koleksi ponsel dalam jumlah besar dengan berbagai jenis termasuk smartphone. Namun hanya Stefan yang berhasil menjadi pemilik ponsel jadul terbanyak dengan 1.231 jenis berbeda. Jadi jangan harap bisa menemui ponsel HTC, Blackberry atau smartphone di museum ini. (tom)