Hubungan LDR yang Berada di Ujung Tanduk (minnesotasnewcountry.com)

Cinta memang tak mengenal jarak dan waktu. Meski terpisah jarak ribuan kilometer, asalkan sudah terikat janji untuk saling menyayangi dan setia, maka cinta tak akan menjadi masalah. Ada banyak pasangan LDR (Long Distance Relationship) alias hubungan jarak jauh yang berpedomankan hal tersebut. Terpisah kota, bahkan negara tak akan menyurutkan cinta mereka. Apalagi saat ini teknologi sudah semakin canggih dengan adanya skype, serta berbagai sosial media yang bisa menghubungkan kalian berdua. Tapi yang namanya LDR pasti memiliki cobaan yang lebih berat dari hubungan non-LDR. Baik itu mulai dari rasa kepercayaan yang berkurang hingga timbulnya rasa takut kehilangan. JadiBerita telah merangkum lima tanda kalau hubungan LDRmu sudah berada di ujung tanduk dan harus segera kamu perbaiki. Apa saja tanda-tandanya? Mari kita lihat!

1Intensitas Kontak yang Berkurang

Intensitas Kontak yang Berkurang (thrillist.com)

Komunikasi adalah tiang penyangga dalam hubungan LDR. Semakin sering intensitas komunikasi kalian berdua, maka LDR kamu pasti akan semakin langgeng. Sebaliknya, jika intensitas komunikasi kalian berkurang, maka itu merupakan tanda kalau hubungan LDR kamu sedang bermasalah. Entah apa itu alasannya, komunikasi adalah hal terpenting. Jadi tak ada alasan kalau kamu atau dia sedang sibuk sehingga sulit berkomunikasi secara intens. Paling tidak kamu dan dia saling menghubungi atau memberi kabar sekali dalam sehari.

2Muncul Silent Moment

Silent Moment (shutterstock.com)

Komunikasi masih rutin tapi kok sering muncul silent moment alias diem-dieman? Nah, kamu perlu waspada nih JBers karena bisa jadi hubungan kalian sudah mulai dingin. Coba saja kamu bayangkan, yang namanya LDR-an pasti selalu timbul rasa kangen sehingga suara dari pasangan kamu adalah obat kangen paling ampuh. Hubungan LDR yang masih sehat bisa kamu lihat saat kalian berdua masih saling bercakap dan bercerita tentang apa yang sedang kalian jalani, mulai dari rutinitas sehari-hari, hingga hal-hal lainnya. Jadi, kalau kalian sudah sama-sama malas bercerita, itu tandanya ketertarikan kalian sudah sama-sama saling berkurang sehingga muncul silent moment.

3Saling Menyalahkan

Saling Menyalahkan (picdn.net)

Lagi-lagi masalah komunikasi. Biasanya, jika salah satu di antara kalian ada yang terlalu sibuk, pasti yang satu menghubungi terlebih dahulu. Begitupun sebaliknya. Tapi bagaimana jika kalian saling menyalahkan  karena alasan tidak ada yang mau menghubungi terlebih dahulu. Saling menyalahkan ini terkadang muncul karena rasa pengertian kamu kepada pasangan mulai berkurang. Cobalah untuk mulai saling memahami lagi dan berhenti saling menyalahkan jika ada masalah. Ingat kembali saat-saat kalian baru mulai menjalani hubungan LDR dan bagaimana kalian menjalaninya selama ini. Dengan mengingat saat-saat bahagia, rasa pengertian kalian akan terpupuk kembali.

4Mudah Emosi

Mudah Emosi (cloudfront.net)

Selain masalah komunikasi, emosi juga bisa menjadi masalah yang penting yang sudah untuk dihindari saat sedang menjalani hubungan LDR. Saat kalian sedang lelah akibat rutinitas yang padat, emosi pasti mudah sekali tersulit dan pastinya akan berujung pada pertengkaran yang berkelanjutan. Tentunya hal ini bisa membuat hubungan kalian berada di ujung tanduk. Rasa emosi ini sebenarnya bisa diredam jika rasa cinta dan sayang masih tetap kalian rasakan. Emosi yang tersulit karena rasa lelah tentunya bisa hilang dengan mendengar suara atau melihat wajah sang kekasih dari video call. Jadi, kalau salah satu di antara kalian ada yang mudah emosi, bisa jadi itu karena rasa cinta dan sayang kalian mulai berkurang.

5Tidak Mau Berkorban Lagi

Tidak Ada yang Mau Berkorban (www.eharmony.co.uk)

Cinta memang butuh pengorbanan. Apalagi bagi pasangan LDR. Ada banyak pengorbanan yang harus kamu lakukan, mulai dari berkorban untuk tidak bertemu, menahan rindu, hingga berkorban pulsa. Semua itu dilakukan demi pasangan kalian. Tapi saat kamu atau dia sudah merasa malas dan perhitungan untuk berkorban, maka hubungan LDR kalian sudah mulai bermasalah. Kamu bisa melihatnya dari mulai saling menunggu untuk menghubungi alias tidak ada yang mau menghubungi duluan, hingga tidak ada yang mau mengunjungi satu sama lain hanya karena alasan-alasan tertentu.

Sudah baca lima tanda-tanda di atas khan? Jika kamu menemukan salah satu tanda tersebut dalam hubungan LDRmu, sebaiknya kamu cepat perbaiki ya JBers agar hubungan LDRmu tetap langgeng. (jow)