Gugup Saat Berbicara Depan Umum (scarletcomm.com)

Kepercayaan diri adalah hal terpenting saat kamu berada di depan umum. Rasa kepercayaan diri bisa memberikan sebuah kekuatan tersendiri bagimu untuk meraih impian dan berbagai tujuan hidupmu. Tapi tak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ada orang yang justru malu dan gugup sehingga terkena demam panggung saat sedang di depan umum. Kalau sudah begitu lalu bagaimana? Tenang saja JBers, rasa percaya diri itu bisa diciptakan kok. Buat JBers yang memiliki rasa malu dan gugup saat berada di depan umum, JadiBerita punya lima cara agar kamu jadi lebih percaya diri. Yuk, diperhatikan baik-baik!

1Berpenampilan Rapi dan Nyaman

Berpenampilan Rapi (pinimg.com)

Sebelum berbicara di depan umum, cobalah untuk memperhatikan penampilan kamu terlebih dahulu. Baik dalam keadaan apapun, selalu usahakan untuk menggunakan pakaian yang rapi dan nyaman kamu gunakan. Sesuaikan cara berpakaianmu dengan kepribadian yang kamu miliki agar kamu nyaman memakainya. Dengan begitu, kamu bisa tampil lebih percaya diri. Pakaian yang tidak nyaman akan merusak konsentrasi dan membuat pikiran kamu jadi buyar saat sedang berbicara di depan umum.

2Tersenyum

Tersenyum saat Melakukan Presentasi (wooster.edu)

Lima menit pertama saat berada di depan umum, pasti rasa malu dan gugup sedang menyerang kamu. Nah, pada saat itulah kamu harus coba melawan rasa tersebut dengan mengambil nafas panjang, lalu menghembuskannya secara perlahan dan cobalah untuk tersenyum. Dengan mengambil nafas panjang akan membuat oksigen tersalur dengan baik ke otakmu sehingga membuat pikiran kamu jadi lebih tenang. Sedangkan saat kamu tersenyum, rasa percaya diri kamu perlahan akan bangkit.

3Jadi Diri Sendiri

Jadi Diri Sendiri (shutterstock.com)

Orang yang tidak percaya diri saat berbicara di depan umum, terkadang iri dengan orang yang bisa dengan mudah berbicara di depan umum. Hal ini bisa membuat kamu jadi mendambakan menjadi orang tersebut. Kata â??seandainya saja aku…â? pasti terucap dalam benak kamu. Jauhkan pikiran kamu dari rasa iri dan ingin menjadi orang lain ya JBers karena tidak ada untungnya menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri agar kamu bisa berkembang maju tanpa perlu melihat standar orang lain.

4Menguasai Materi

Mempelajari Materi (education.gsu.edu)

Bagaimana bisa kamu berbicara di depan umum jika kamu tidak bisa menguasai materi atau bahan yang akan kamu bicarakan. Cobalah untuk mempelajari dan menguasai materi yang akan kamu bicarakan. Jika kamu sudah menguasai materi, kamu pasti bisa dengan lancar berbicara di depan umum. Tapi jika kamu tidak menguasai materi dengan baik, kamu akan mudah gugup saat kamu lupa dan tidak tahu lagi apa yang akan kamu katakan selanjutnya.

5Fokus ke Satu Titik

Fokus Pada Satu Titik (foothilltechnology.org)

Jika kamu masih saja merasa malu dan gugup, saat sedang berada di depan umum, cobalah untuk mencari satu titik yang akan menjadi titik fokus kamu. Dengan begitu, tanpa perlu memandang banyaknya orang yang ada di hadapanmu, kamu bisa berbicara dengan lancar dan percaya diri. Fokus pada satu titik juga bisa membuat kamu jadi lebih tenang dan tidak mudah gugup karena orang-orang yang ada di depanmu.

Nah, kalau sudah tahu kelima cara di atas, kamu bisa langsung praktekkan saat sedang berbicara di depan umum agar kamu jadi lebih pede. (jow)