Patah Hati (greatist.com)

Dalam sebuah hubungan percintaan, yang namanya patah hati pasti bisa membuat kamu sedih berkepanjangan. Bayangkan saja saat kamu harus berpisah dengan orang yang kamu sayangi atau saat kamu baru saja menyadari kalau kamu begitu mencintai dan menyayanginya setelah dia pergi dan tak lagi mau bersama denganmu. Rasa sedih, sakit, dan kecewa tak bisa kamu hindari lagi. Sebagian orang memilih untuk pasrah dengan apa yang telah terjadi pada kehidupan mereka, ada juga yang menggalau karena perasaan cinta dan sayang tak bisa dilepaskan. Tapi tahukah kamu, saat sedang patah hati, kamu bisa mendapatkan lima manfaat ini.

1Membuatmu Realistis

Lebih realistis (nbcnews.com)

Patah hati akan membuatmu sadar kalau kamu tak hidup di negeri dongeng. Jangan dikira kalau semua cerita itu akan berakhir happy ending seperti dalam dongeng. Kamu sebagai manusia biasa yang hidup di dunia nyata harus menyadari kalau kehidupan itu memiliki banyak rasa, tak hanya rasa manis saja yang bisa kamu rasakan, tapi juga rasa pahitnya kehidupan. Kamu harus jatuh bangun terlebih dahulu untuk mendapatkan kebahagiaan. Patah hati bisa membuat kamu seolah dibangunkan dari tidur manis yang panjang dalam negeri dongeng dan kembali pada kehidupan nyatamu.

2Merubah Pandangan Tentang Cinta

Merubah pandangan tentang cinta (askmen.com)

Patah hati bisa membuat orang merubah pandangannya tentang cinta. Kamu yang patah hati akan berpikir kalau cinta tak harus dibagi dengan pacar, tapi juga bisa diberikan pada orang tua dan teman-teman di sekeliling kamu. Dengan merasakan patah hati, kamu juga bisa mempertanyakan apa cinta kamu dan pasangan adalah cinta sejati yang sesungguhnya. Kamu jadi lebih ahli dalam urusan percintaan karena sudah merasakan sakitnya patah hati.

3Lebih Mensyukuri Hidup

Lebih mensyukuri hidup (ginocerruti.com)

Saat sedang patah hati, kamu akan melakukan segala macam cara untuk dapat melupakan rasa sakit yang kamu rasakan dengan menikmati hal-hal yang kamu suka yang dulunya tak pernah kamu lakukan sebelumnya. Kamu jadi lebih banyak waktu untuk dirimu sendiri sehingga kamu jadi lebih menyayangi dirimu dan mensyukuri hidup yang kamu jalani saat ini. Ketika orang mengalami patah hati, kebanyakan dari mereka akan mendapatkan banyak hal positif yang menguntungkan diri mereka karena mereka ingin berubah dan bangkit dari keterpurukan. Mereka juga lebih peka dengan lingkungan di sekitar mereka dan lebih bersyukur kalau mereka masih punya keluarga dan teman yang menyayangi mereka apa adanya.

4Jadi Lebih Kuat dan Tegar

Lebih Kuat dan Tegar (imgur.com)

Patah hati ditimbulkan oleh rasa sakit karena cinta yang kamu rasakan. Semakin kuat rasa cintamu kepadanya, maka rasa sakit pada hatimu akan semakin mendalam. Hal itulah yang menjadikan orang-orang yang patah hati jadi lebih kuat dan tegar karena mereka sudah bangkit dari titik terendah dalam kehidupan percintaan mereka. Dalam percintaan, titik terendah adalah saat kalian dilanda patah hati karena kalian bisa dilanda galau, sedih, kecewa, marah, dan juga rasa sakit dalam waktu yang bersamaan.

5Membuatmu Percaya Diri

Lebih percaya diri (www.cheatsheet.com)

Coba kamu perhatikan teman-temanmu yang baru saja pulih dari patah hati. Kebanyakan dari mereka pasti jadi tampil berbeda dan lebih percaya diri. Mereka yang sudah lebih kuat dan tegar akan memancarkan rasa percaya diri untuk membuka lembaran baru dalam hidup mereka. Mereka lebih percaya diri juga karena ingin membuka kesempatan bagi cinta yang baru untuk datang menghampiri mereka.

Banyak khan manfaat dari patah hati, jadi buat kamu yang baru patah hati, jangan bersedih lagi ya JBers! (jow)