Goa Terawang (rumahidekeluargamustaqim.blogspot.co.id)

Indonesia memang negeri yang kaya akan keindahan alamnya. Jika kita berbicara tentang wisata alamnya memang tak akan ada habisnya. Hampir di setiap sudut daerah yang ada di Indonesia memiliki kekayaan alam yang bisa membuat kamu takjub melihatnya. Belakangan ada wisata alam yang sedang jadi bahan pembicaraan di kalangan anak muda. Cahaya dari surga, istilah ini diberikan para traveler yang menemukan efek cahaya matahari saat membias masuk ke dalam celah-celah goa seolah cahaya tersebut langsung jatuh dari surga di atas langit. Fenomena alam ini kemudian menjadi bahan buruan para traveler yang ingin mengabadikannya dalam jepretan kamera. Buat kamu yang penasaran ingin tahu dan datang langsung menyaksikan indahnya cahaya dari surga, ini list tempat wisatanya!

1Goa Jomblang

Goa Jomblang (piknikasik.com)

Goa Jomblang adalah goa vertikal yang keindahannya patut kamu acungi jempol. Goa ini dikenal sebagai goa yang memancarkan cahaya dari surga paling cantik karena jarak cahaya dari atas hingga mencapai tanah cukup tinggi. Saat kamu berada tepat di bawahnya, kamu akan serasa menjadi malaikat yang mendapat sorotan cahaya langsung dari langit. Goa Jomblang berada di komplek goa Gunungkidul yang ada di Yogyakarta. Goa vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk secara alami karena proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang berada di atasnya ke dasar bumi pada ribuan tahun yang lalu. Runtuhannya membentuk sinkhole atau sumur seperti saat ini.

2Goa Pindul

Goa Pindul (tripadvisor.com)

Masih berada di kawasan kompleks goa Gunungkidul, ada Goa Pindul yang sedang hits di kalangan anak muda. Goa Pindul ini berdiri di atas sungai sehingga suasananya sangat berbeda dengan goa kebanyakan. Jadi kamu bisa menikmati cahaya dari surga yang terpancar dari atas goa sambil cave tubing. Cave tubing adalah kegiatan menyusuri goa dengan dilakukan menaiki ban pelampung lalu bergerak sesuai dengan aliran sungai bawah tanah mulai dari mulut goa hingga ujung goa.

3Goa Suci

Goa Suci (blog.reservasi.com)

Seolah tak ingin kalah dengan wisata alam lainnya, Goa Suci tampil dengan pemandangan goa yang sangat cantik karena pada bagian dalam goa ini terdapat pahatan-pahatan kuno serta ray of light alias cahaya dari atas goa akan membias melewati pahatan-pahatan tersebut dan menembus tanah. Goa Suci bisa dikatakan cukup unik karena tidak terbuat secara alami seperti goa kebanyakan. Goa Suci dibuat oleh manusia pada zaman Kerajaan Majapahit. Hal ini bisa kamu ketahui dari pahatan angka tahun di salah satu dinding goa yang menggunakan angka Jawa Kuno yang menyebut tahun 1026 M. Goa yang memiliki kedalaman sekitar 14 meter ini memiliki atap yang mengerucut dan mengundak. Buat kamu yang ingin menyaksikan sendiri keindahannya, kamy bisa datang ke Dusun Suci, Desa Wagun, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

4Goa Terawang

Goa Terawang (rumahidekeluargamustaqim.blogspot.co.id)

Goa Terawang berada di Desa Kedung Wungu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Lokasi goa ini berada di tengah-tengah hutan jati sehingga kamu juga bisa menikmati keindahan hutan dengan angin sepoi-sepoi yang sejuk. Goa ini menjadi salah satu magnet wisatawan di daerah Blora karena memancarkan cahaya yang masuk lewat celah-celah goa utama. Cahayanya terlihat sangat indah sehingga dapat membuat kamu terpesona. Goa Terawang terbentuk karena adanya endapan batu kapur yang berumur sekitar lebih dari 10 juta tahun lamanya. Goa Terawang memiliki luas sekitar 13 hektar yang menjadi kompleks goa terbesar di Jawa Tengah.

5Bukit Pelalangan

Bukit Palelangan (www.indonesia.travel)

Jika objek cahaya dari surga sebelumnya berasal dari goa, kali ini objek cahaya berasal dari bukit. Bukit Pelalangan berada dari kawasan objek wisata religi Pesarean Rato Ebu yang ada di Desa Bherballuk, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Kawasan ini mirip dengan kawasan Arizona di Amerika Serikat sehingga seringkali dijuluki sebagai Ć¢??Arizonanya Pulau MaduraĆ¢??. Bukit Pelalangan tadinya hanya bekas tambang batu kapur yang telah lama. Perbedaan bukit ini dengan bukit lainnya adalah warnanya yang emas kecoklatan. Ada banyak sekali wisatawan yang sengaja datang ke Bukit Pelalangan hanya untuk berburu cahaya dari surga yang muncul menembus bukit Pelalangan. (jow)