Bagi pengguna kendaraan pribadi, terutama mobil, biasanya memiliki kekhawatiran akan kondisi bannya, seperti kurang angin, bocor, atau masalah lainnya. Namun sepertinya hal tersebut tak akan menjadi masalah lagi. Pasalnya, Sumitomo Rubber Industries (Dunlop Jepang) telah menciptakan dua konsep teknologi baru, yaitu Gyroblade Airless Tire dan Coreseal Tire Sealant. Keduanya membuat kamu tak perlu lagi membawa ban cadangan.

Ban masa depan (IDFL)

Dilansir dari Srigroup, Selasa (4/4/2017), Gyroblade adalah konsep ban tanpa udara. Desainnya, pelek logam yang dilingkari bahan resin khusus (bagian berwarna Ungu), kemudian dilapisi tapak ban. Konfigurasi ini dikatakan memenuhi semua syarat sebuah ban, tanpa perlu diisi angin.

Ban masa depan (Telegraph)

Desain Gyroblade dikatakan bukan cuma aman ketika ban bocor karena benda tajam, tapi juga memangkas perawatan. Sekali digunakan, mobil tidak perlu lagi mengganti ban. Lapisan resin bisa dibuat berbagai macam warna, jadi produk ini mendukung gaya estetika sesuai keinginan.

Ban masa depan (IDFL)

Sedangkan Coreseal merupakan konsep pertolongan pertama bila ban bocor tertusuk benda tajam. Terdapat lapisan khusus di bagian dalam tapak yang bertugas mengisi celah yang kosong setelah ban berlubang. Fungsinya adalah untuk mencegah angin keluar.

Ban masa depan (Srigroup)

Selain menghilangkan kekhawatiran akan kebocoran pada ban konvensional, ban ini juga meningkatkan faktor keselamatan. Jika kamu kebetulan sedang apes terkena paku di jalan, ban mobil kamu tak akan langsung bocor, sehingga kamu bisa terhindar dari segala bentuk kejahatan dengan menggunakan modus menyebar paku di jalan.

Toyota HaMo (Autoblog)

Ban ini sendiri dipasang pada mobil Toyota HaMo saat dipamerkan. Bukan tak mungkin nantinya semua mobil akan menggunakan ban dengan teknologi serupa agar bisa mengurangi biaya perawatan ban dan lebih aman. (tom)