Mandy Harvey merupakan seorang musisi wanita yang memiliki bakat luar biasa. Ia merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu dan kini telah memiliki empat album. Luar biasanya, ternyata Mandy memiliki kekurangan, yaitu kehilangan pendengarannya.

Berbeda dari musisi kebanyakan, pada tahun 2006-2007 ketika ia berusia 18 tahun Mandy kehilangan pendengarannya. Saat itu ia sedang kuliah jurusan musik di Universitas Negeri Colorado, Amerika Serikat.

Ketika duduk di bangku kuliah semester pertamanya, Mandy kehilangan pendengaran 110 desibel di kedua telinganya.

Menurut dokter hilangnya pendengaran Mandy lantaran adanya genetik cacat yang dipicu oleh obat-obatan yang digunakan selama operasi lutut yang pernah dijalaninya.

Musibah kehilangan pendengaran yang dialami Mandy awalnya membuat dirinya seolah melihat kematian yang menimpa dirinya. Padahal wanita kelahiran 2 Januari 1988 ini bercita-cita ingin menjadi pimpinan paduan suara, semuanya menjadi sirna karena ia tak bisa lagi mendengar.

Namun meski tak lagi bisa mendengar seperti layaknya manusia normal, Mandy memiliki cara luar biasa agar terus bisa berkarier di dunia musik.

Dilansir dari GreatBigStory, Rabu (5/4/2017), luar biasanya Mandy tetap bisa bernyanyi dengan merdu mengikuti iringan musik meski tak bisa mendengar.

Rahasiannya yakni Mandy bernyanyi dengan merasakan getaran di lantai yang dihasilkan oleh instrumen musik mulai dari drum, bass, dan gitar.

Tiap kali ia akan bernyanyi, ia pasti akan melepaskan sepatu yang dikenakannya. Dengan bermodalkan menggunakan memori otot, ia dapat menyelaraskan getaran dari suara musik kemudian bernyanyi seperti biasa.

“Saya menciptakan semua musikku sendiri, saya memiliki semua ide di dalam kepalaku. Saya hanya perlu bernyanyi dan kemudian timku akan merekam suaraku dan publik akan menilai bagaimana suaraku, karena aku tidak bisa mendengar suaraku,” ujar Mandy.

Kemampuan luar biasa Mandy ini tak ayal menarik perhatian kalangan publik. Banyak orang yang terinsiprasi bagaimana perjuangan Mandy mampu bangkit dan terus berkarya di industri musik.

Berikut ini aksi Mandy saat bernyanyi.

(tom)