Mungkin kamu pernah mengalami smartphone milikmu secara tak sengaja terjatuh dan membuat layarnya retak. Jika sudah begini, maka tak ada cara lain selain bertahan dengan smartphone yang layarnya retak, atau beli smartphone baru.

Namun kini, sepertinya hal tersebut bukan lagi masalah. Pasalnya, sejumlah ilmuwan sedang mengembangkan material baru yang nantinya menjadi solusi layar yang retak bahkan pecah.

Material elastis (Business Insider)

Bahan ini transparan, sangat lentur, konduktif dan paling penting, bisa “menyembuhkan” dirinya sendiri. Dibuat oleh sekelompok ahli kimia dari University of California di Riverside dan University of Colorado, material tersebut akan bermanfaat digunakan dalam robotik dan produk elektronik konsumen seperti smartphone.

“Membuat bahan dengan semua komponen ini selama bertahun-tahun memang cukup sulit. Kami berhasil melakukannya, namun ini baru langkah awal untuk mengeksplorasi pengaplikasiannya,” kata Chao Wang yang memimpin pengembangan material ini, seperti dikutip dari Science Daily, Kamis (6/4/2017).

Material yang sembuh sendiri setelah tergores (Business Insider)

Wang menyebutkan, timnya melakukan banyak eksperimen untuk menguji bahan tersebut bisa memperbaiki dirinya sendiri. Misalnya setelah sengaja dirusak, bahan tersebut didiamkan. Dalam 24 jam, bahan tersebut secara otomatis “menyulam” bagian layar yang rusak hingga pulih sendiri.

Lucunya, Wang menyebutkan, dia tertarik mengembangkan bahan tersebut karena terinspirasi dari Wolverine, salah satu karakter dalam serial komik superhero Marvel, “X-Men”, yang punya kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Ilustrasi layar smartphone retak (Newstalk)

“Dia bisa menyelamatkan dunia karena dia bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Bahan yang bisa memulihkan diri ketika retak atau terpecah akan bisa kembali seperti semula seperti kulit manusia,” terangnya.

Semoga saja material ini juga akan dikembangkan di Indonesia, mengingat Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan pengguna smartphone terbanyak. (tom)