Meningkatkan Produktivitas di Pagi Hari (huffpost.com)

Jam berapa kamu bangun tidur? Sebagian orang ada yang terbiasa bangun pagi dan ada yang terbiasa bangun siang. Bangun pagi selalu lebih baik dibanding bangun siang karena kamu bisa mendapat banyak manfaat saat lebih bangun pagi seperti segarnya udara pagi, mood yang lebih baik, serta produktivitas yang lebih tinggi. Berbicara tentang produktivitas, kamu ternyata bisa meningkatkan produktivitasmu setelah bangun tidur loh. Caranya? Tenang saja JBers, JadiBerita akan memberikan kamu lima aktivitas yang bisa kamu lakukan setelah bangun tidur agar produktivitasmu semakin bertambah. Yuk lihat!

Minum Air Putih

Meminum Air Putih (www.toogirlish.com)

Hal paling mudah untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan meminum air putih setelah bangun tidur. Normalnya, kita tidur malam selama 5-8 jam lamanya sehingga selama itu kita pasti kekurangan cairan dan menjadi dehidrasi. Dengan meminum air putih terlebih dahulu setelah bangun tidur, otomatis tubuh kamu akan merasa lebih segar, aliran darahmu juga jadi lebih lancar, dan pasti pikiran kamu jadi lebih jernih. Tak perlu banyak-banyak meminum air putih saat bangun tidur, cukup satu gelas saja cukup kok.

Merapikan Tempat Tidur

Membereskan Tempat Tidur (www.housebeautiful.com)

Aktivitas kedua ini memang terdengar sangat sepele dan banyak diremehkan. Tapi tahukah kamu kalau ternyata aktivitas merapikan tempat tidur setelah bangun ini bisa berdampak besar pada keseharian kamu nantinya. Ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau dengan merapikan tempat tidur saat bangun, rasa percaya diri kamu akan bertambah dan tubuh jadi lebih termotivasi untuk menjalani hari-hari. Coba saja kamu merapikan tempat tidur setelah bangun, saat kamu melihat tempat tidur yang rapi, perasaan kamu pastinya jadi lebih puas dan senang.

Olahraga

Olahraga Pagi (googleusercontent.com)

Olahraga setelah bangun pagi ternyata bisa meningkatkan produktivitas kamu. Cobalah sempatkan berolahraga meski kamu adalah tipe orang sibuk. Tak perlu olahraga berjam-jam lamanya seperti olahraga untuk membakar kalori, kamu cukup melakukan olahraga selama 10-15 menit saja cukup kok dengan berjalan atau lari-lari kecil di sekitar rumah kamu, bersepeda, hingga lompat tali. Aktivitas ini bertujuan agar tubuh kamu jadi lebih fleksibel dan aliran darahmu jadi lebih lancar sehingga kamu nggak gampang capek selama beraktivitas seharian.

Meditasi

Meditasi Setelah Bangun Tidur (bembu.com)

Kamu terlalu malas untuk berolahraga setelah bangun pagi? Cobalah untuk melakukan meditasi sehingga tubuh kamu jadi lebih rileks. Sambil bermeditasi, kamu bisa mendengarkan musik kesukaanmu agar mood dan semangat kamu jadi bertambah. Pikiran yang tenang dan hati yang senang bisa meningkatkan produktivitas kamu. Kalau kamu rutin melakukannya, kamu bisa jadi lebih fokus untuk menjalankan aktivitas seharian dan pikiran kamu jadi lebih fokus.

Baca Buku

Membaca Buku Pagi Hari (www.rd.com)

Aktivitas terakhir yang bisa meningkatkan produktivitas adalah membaca buku. Dengan membaca buku setelah bangun tidur, otak dan pikiran kamu akan melalukan pemanasan sebelum menjalani hari. Buat kamu para pelajar dan mahasiswa, sebaiknya kamu membaca buku pelajaran setelah bangun tidur karena waktu terbaik untuk membaca buku adalah setelah bangun tidur. Otak kamu bisa dengan mudah mengingat apa yang kamu baca karena kamu masih belum memikirkan hal-hal lain. Daripada begadang semalaman untuk belajar, lebih baik kamu belajar setelah bangun tidur. (jow)