Tren Glamping (ecobnb.net)

Berkemah atau camping menjadi salah satu liburan yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan penat dan beban pikiran. Pasalnya dengan berkemah, kamu bisa merasakan suasana alam dengan melihat pemandangan hijau yang asri dan sejuk sehingga menyegarkan pikiran kamu. Tapi, untuk berkemah ini biasanya orang akan berpikir ulang karena ada banyak sekali faktor yang harus dipersiapkan seperti membangun tenda, menyiapkan sleeping bag, membuat api unggun agar tak kedinginan, hingga memasak makanan sendiri. Banyaknya persiapan saat berkemah membuat sebagian orang mengurungkan niatnya untuk berkemah, padahal mereka sebenarnya ingin merasakan suasana berkemah di tengah alam.

Kemah yang Sudah Didirikan di Glamping Tanakita (pinterest.com)

Buat kamu yang mau berkemah tapi nggak mau ribet, sekarang sudah ada glamping yang akan memudahkan kamu untuk berkemah. Glamping merupakan singkatan dari glamping, yakni glamour camping. Glamping ini sebenarnya sudah popular di negara-negara Eropa dan Amerika sejak tahun 1990-an, tapi di Indonesia ini baru popular dan menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan. Awalnya glamping pertama kali dilakukan oleh traveler asal Amerika dan Eropa yang ingin melakukan safari dan berkemah di alam bebas Afrika. Saat itu, mereka ingin merasakan enaknya berkemah tapi dengan suasana ala hotel hingga akhirnya mereka membangun tenda dengan fasilitas ala hotel bintang lima. Setelah itu, tren glamping mulai merambah ke berbagai traveler di dunia hingga Indonesia. Di Indonesia sendiri, tren glamping ini justru baru popular beberapa tahun belakangan ini.

Glamping di Legok Kondang (tempatwisatadibandung.info)

Sesuai dengan namanya, glamping bisa dikatakan berkemah secara glamour dan elegan. Jadi, kamu tak perlu repot menyiapkan semua peralatan berkemah karena pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya. Kamu cukup datang membawa pakaian dan peralatan pribadi saja. Lalu tendanya? Semua peralatan berkemah seperti tenda yang sudah disediakan sehingga kamu tak perlu repot-repot membangun tenda sendiri. Glamping juga menyediakan sleeping bag, kasur, bantal, selimut, handuk, hingga peralatan masak yang kamu perlukan.

Bagian dalam tenda glamping (internal.sekap.net)

Selain itu juga masih ada fasilitas lainnya seperti kamar mandi, dapur umum, serta listrik sehingga kamu tak perlu takut gadget kamu mati karena kehabisan baterai. Konsep glamping yang mudah ini membuat kamu merasa nyaman dan aman saat sedang berkemah. Kamu tak perlu takut tenda kamu roboh, kedinginan, susah mencari WC umum, dan lain sebagainya. Untuk dapat menikmati glamping ini tentunya kamu harus merogoh kocek yang lebih dibanding dengan berkemah biasa. Biasanya untuk satu tendanya, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 1.000.000-Rp 3.000.000 tergantung tipe tenda dan fasilitas yang akan kamu gunakan. Terdengar mahal ya JBers, tapi tenang saja, dalam satu tenda ini bisa memuat 4-8 orang kok. Jadi kamu bisa patungan dengan teman-teman untuk dapat menikmati enaknya glamping ini.

Glamping di Ciwidey (ciwideyvalley.com)

Buat JBers yang ingin mencoba glamping, ada beberapa lokasi glamping yang paling terkenal di Indonesia seperti Legok Kondang yang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey dekat Kawah Putih, Tanakita yang ada di Taman Nasional Gede Pangrango Sukabumi, dan satu lagi adalah Highland Park di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Bogor yang sedang menjadi hits karena bentuk kemahnya yang mirip dengan perkemahan ala Mongolia. Nah, bagaimana JBers? Ingin segera mencoba glamping bersama teman-teman? (jow)