Banyak musisi-musisi asal Indonesia yang kiprahnya mendunia, terutama di genre jazz. Sebut saja Indra Lesmana atau Dwiki Dharmawan. Namun, regenerasi musisi jazz Indonesia terus berjalan. Sekarang ini ada beberapa nama anak muda yang musikalitasnya pada jazz juga telah menghentak dunia. Berikut adalah 5 musisi jazz muda Indonesia yang karyanya mendunia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Calvin Jeremy

Nama Calvin Jeremy mulai melejit saat menyanyikan lagu utamanya “Dua Cinta Satu Hati” pada 2010. Pria kelahiran Jakarta, 6 Mei 1991 itu kian tersohor setelah ia sering mengupload videonya bermusik di YouTube dengan menyanyikan lagu-lagu John Mayer yang ditonton ribuan orang. Hingga saat ini, Calvin Jeremy sudah merilis 2 album yaitu “Selamanya” (2010) dan “Calvin Jeremy” (2012).

2. Tesla Manaf

Gitaris berusia 27 tahun asal Bandung ini mengeksplorasikan nada, harmoni, vokal, dan bunyi dalam suatu komposisi nan dinamis serta menghasilkan banyak kejutan-kejutan yang memunculkan ‘drama-drama’ di tiap gubahannya. Karya-karyanya sudah melanglang buana, salah satunya albumnya yang berjudul “A Man’s Relationship with His Fragile Area” yang dirilis MoonJune Records di New York, Amerika Serikat.

3. Yura Yunita

Yura wanita kelahiran Bandung, Jawa Barat, 9 Juni 1991 ini mempunyai hobi menyanyi dan bermain piano sejak kecil. Album Yura pernah terpilih dalam enam besar album Indonesia terbaik menurut majalah Rolling Stone Indonesia di tahun 2014. Salah satu lagunya ada yang berbahasa Sunda, namun dikemas jazz, broadway, modern, dan penuh kejutan.

4. Barry Likumahuwa

Pria bernama lengkap Elseos Jeberani Emanuel Likumahuwa ini lahir dari keluarga musisi jazz, ayahnya adalah musisi senior jazz Benny Likumahuwa. Barry yang lahir di Jakarta, 14 Juni 1983 dikenal sebagai bassist muda berbakat dengan aliran funk jazz nya. Barry kerap tampil dalam pentas jazz di berbagai negara dan berkolaborasi dengan musisi jazz dunia.

5. Andre Dinuth

Andre Dinuth adalah gitaris yang menjadi arranger dan session player untuk penyanyi papan atas Indonesia, seperti Glenn Fredly, Afgan, hingga Sandhy Sondoro. Pria kelahiran 3 Agustus 1982 ini juga pernah berkolaborasi bersama Dewa Budjana, Tohpati, Eross, Baim, dan Baron. (tom)