Wow, 5 Penjara Ini Punya Fasilitas Bak Hotel Mewah

Bicara soal penjara, yang ada di pikiran kita pasti tempat yang menyeramkan, dengan cahaya minim dan udara pengap. Namun, kesan seperti itu justru tak terlihat di tempat-tempat berikut ini. Alih-alih menyeramkan, penjara-penjara ini malah membuat penghuninya nyaman dan betah. Dilansir dari Ohbulan, Kamis (13/4/2017), berikut adalah 5 penjara dengan fasilitas bagaikan hotel mewah.

1. Penjara Al Capone, Philadelphia, AS

Penjara Al Capone (Ohbulan)

Penjara di negara bagian Philadelphia, Amerika Serikat ini merupakan yang paling unik di dunia karena punya konsep tersendiri. Dekorasi ruangannya mengungkapkan kehidupan mewah sang raja penjahat Al Capone selama 8 tahun ditahan di dalamnya.

2. Penjara Halden, Norwegia

Penjara Halden (Thornews)

Penjara Halden adalah rumah bagi pembunuh Anders Breivik, yang bertanggung jawab atas kematian 77 orang. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak. Tetapi, dia justru mendapatkan kenyamanan saat dalam penjara. Ruang yang dia tempati dilengkapi berbagai fasilitas, termasuk studio musik dan trek jogging.

Yang paling menarik dari penjara ini adalah tamu yang berkunjung boleh bermalam dan tidur bersama. Benar-benar sudah seperti rumah sendiri, karena ada dua kamar yang dilengkapi dengan peralatan rumah tangga.

3. Penjara Bastoy, Norwegia

Penjara Bastoy (Ohbulan)

Penjara ini bisa dikatakan seperti bukan penjara. Bayangkan, di dalam penjara yang terletak di Pulau Bastoy, Oslofjord ini terdapat kurang lebih 100 napi. Mereka tidak tinggal di ruang berteralis, melainkan di pondok-pondok kecil dan bekerja di pertanian penjara. Selain bisa berjemur menikmati pemandangan alam, disediakan juga fasilitas lapangan tenis, pemancingan, gym, serta menunggang kuda. Selain itu para napi juga memegang kunci kamar masing-masing.

4. Penjara Otago, Selandia Baru

Penjara Otago (Ohbulan)

Penjara Otago ini menawarkan konsep lain, yaitu menyediakan pemanas lantai dan TV layar datar di setiap dinding penjara. Di ruangan lain juga terdapat gym dan ruangan membaca. Kapasitas maksimal fasilitas penjara ini menampung 335 narapidana. Tak ada satu pun napi yang keluar dari tempat ini kecuali mereka sudah punya skill mumpuni. Entah menjadi mekanik, tukang kayu handal, web developer dan banyak lagi lainnya. Kerennya, ketika usai menjalani masa tahanan, para napi akan diberi sertifikat kerja macam balai latihan kerja. Keseluruhan anggaran operasional penjara ini diperkirakan sebesar USD 218 juta atau hampir Rp 3 triliun.

5. Penjara Leoben, Austria

Penjara Leoben (Rawinterest)

Di sini setiap tahanan diberikan satu sel, lengkap dengan kamar mandi, dapur, dan televisi pribadi. Tidak itu saja, para napi bisa ke ruang gym atau bermain basket di lapangan yang tersedia. Selain itu, sesekali waktu para napi diajak ke tempat rekreasi outdoor untuk menyegarkan pikiran. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Keren, Musisi Cilik Asal Kendal Raih Rekor Dunia

5 Film Terkenal yang Ternyata Judul Aslinya Berbeda dengan Versi Finalnya