Film Indonesia saat ini sedang berada di masa keemasannya. Masyarakat mulai menaruh perhatian lebih terhadap karya dalam negeri. Hal ini terlihat dari jumlah penonton yang bisa mencapai jutaan dalam waktu singkat, seperti “Warkop DKI Reborn” atau “Danur”. Di antara film-film Indonesia yang rata-rata memiliki durasi 1 atau 2 jam, rupanya ada yang memiliki durasi lebih dari itu. Dilansir jadiBerita dari IDNTimescom, Kamis (13/4/2017), berikut adalah 5 film Indonesia dengan durasi terpanjang.

1. The Raid 2 : Berandal

Film ini menjadi film yang ditunggu-tunggu setelah kesuksesan “The Raid” pertama. Meski durasinya panjang yakni selama 150 menit atau 2 jam 30 menit, namun kamu tak akan dibuat bosan. Pasalnya setiap menitnya diisi adegan-adegan action yang akan membuat hatimu berdegup kencang.

2. Tjoet Nja Dhien

Sama dengan “The Raid 2”, film ini juga memiliki durasi 150 menit atau 2 jam lebih 30 menit. Dibintangi oleh Christine Hakim, film ini menceritakan tentang perjuangan Tjoet Nja’ Dhien dalam mempertahankan bumi Aceh dari penjajahan Belanda. Film ini terbilang sukses besar karena menerima banyak penghargaan termasuk tujuh piala FFI pada tahun 1988.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Garin Nugroho sebagai sang sutradara cukup berani mengusung film perjuangan dengan durasi 161 menit atau 2 jam lebih 41 menit pada era sekarang yang kebanyakan diisi film percintaan. Meski begitu film ini sangat layak ditonton karena menceritakan biografi Tjokroaminoto sebagai sosok pendiri organisasi Sarekat Islam hingga menjadi sangat besar. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian, Christine Hakim, Alex Komang dan lain-lain.

4. Janur Kuning

Film ini berlatar peristiwa Yogyakarta di mana para pahlawan seperti Jenderal Sudirman dan Amir Murtono berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Makna janur kuning sendiri adalah lambang perjuangan kemerdekaan yang dipakai di lengan. Film yang dibintangi oleh Deddy Sutomo, Sutopo, Kaharudin Syah dan disutradarai Alam Rengga Surawidjaja ini memiliki durasi hingga 180 menit atau 3 jam.

5. Pemberantasan G.30 S PKI

Film ini menjadi tontonan wajib anak sekolah pada masa orde baru. Film ini menceritakan kisah enam jenderal yang dibunuh PKI dan kekacauan politik ekonomi yang disebabkan oleh mereka. Film yang disutradarai oleh Arifin C. Noer ini juga menghabiskan dana yang sangat fantastis yakni sekitar Rp 800 juta. Durasi dari film ini adalah 271 menit atau 4 jam 31 menit. (tom)