Kenapa Kita Tak Bisa Merasakan Rotasi Bumi?


Seperti yang kita pelajari pada saat sekolah, Bumi berputar pada porosnya atau istilahnya rotasi. Selain rotasi, Bumi juga bergerak mengelilingi Matahari atau istilahnya revolusi. Diketahui pula, Bumi berotasi pada kecepatan sangat tinggi, yaitu 1.600 km/jam. Lalu, kenapa kita sebagai manusia yang menghuni Bumi tidak merasakan rotasi Bumi ini?

Rupanya, sains sudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan itu, dan jawabannya sangat sederhana. Dilansir dari Earthsky, Jumat (14/4/2017), kita, manusia, dan makhluk hidup lain yang ada di dalam Bumi, serta segala sesuatu yang ada di Bumi seperti laut dan atmosfer, berputar bersama-sama dengan Bumi pada kecepatan konstan yang sama.

Ilustrasi rotasi Bumi (Brilio)

Hal serupa juga sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalnya kita berada di dalam pesawat terbang, yang melaju dengan kecepatan standar 475-500 knots, atau sekitar 878-926 km per jam. Saat pesawat tersebut berada pada kecepatan tetap dan stabil, apakah kamu merasakan bahwa kamu sedang bergerak dengan kecepatan begitu tinggi? Jawabannya adalah tidak. Kamu bisa tetap duduk tenang, bahkan tertidur di kursimu.

Lebih jauh lagi, ketika seorang pramugari datang dan memberikan segelas minuman, apakah air di gelas tersebut berguncang? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena pesawat sedang bergerak pada kecepatan yang tetap, alias konstan. Dan kamu, pramugari, gelas, air, kursi dan seisi pesawat bergerak bersama dalam kecepatan yang sama.

Ilustrasi Bumi (Satujam)

Kita baru bisa merasakan Bumi berputar jika planet ini tiba-tiba menghentikan rotasinya. Apabila kecepatan perputaran Bumi berkurang atau bertambah sedikit saja, sudah pasti banyak bencana yang terjadi di Bumi. Sama seperti saat kita berada di dalam kendaraan, lalu tiba-tiba kendaraan itu menambah kecepatan atau berhenti mendadak, barulah badan kita bisa bereaksi.

Jadi, kini kamu tahu kenapa kita tak bisa merasakan rotasi Bumi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak