Taman Bunga Selecta Malang (reportaseharga.com)

Di negara empat musim, saat ini sedang datang musim semi di mana bunga-bunga sedang bermekaran dengan warna-warninya yang terlihat sangat cantik dan indah dipandang. Negara-negara yang memiliki empat musim seperti Eropa dan Asia Timur pastinya sedang kebanjiran wisatawan yang datang untuk melihat bunga-bunga yang sedang bermekaran. Musim semi pun menjadi liburan high season di mana harga-harga di sekitar lokasi wisata melonjak naik. Tapi kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke negara empat musim untuk dapat menikmati indahnya bunga yang bermekaran karena di Indonesia, kita punya lima taman bunga yang pesona keindahannya tak kalah dari taman bunga yang ada di luar negeri. Penasaran ingin tahu di mana saja lokasinya? Ini dia listnya!

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara (reportaseharga.com)

Taman bunga yang pertama adalah Taman Bunga Nusantara yang berada di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Lokasinya yang bisa ditempuh sekitar dua jam dari Jakarta ini membuat taman bunga ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Jakarta. Taman Bunga Nusantara memiliki luas 23 hektare dengan aneka taman di dalamnya, mulai dari Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Palem, Taman Jepang, Taman Rahasia, hingga Rumah Kaca. Ada satu spot yang paling digemari wisatawan untuk berfoto yakni spot dengan tanaman bunga yang melingkar membentuk hati. Ada berbagai macam bunga yang bemekaran di sini, mulai dari bunga anggrek, mawar, dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuknya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 40.000 saja. Sementara untuk jam bukanya mulai pukul 08.00-17.00.

Taman Bunga Begonia

Taman Bunga Begonia Lembang (www.ojrit.com)

Masih di daerah Jawa Barat, kali ini kamu bisa mengunjungi Taman Bunga Begonia yang ada di Jalan Raya Maribaya No. 120 A di Lembang, Bandung. Cuaca Lembang yang sejuk bisa membuat kamu betah berlama-lama untuk berfoto sepuasnya. Hampir semua sudut yang ada di Taman Bunga Begonia ini cocok untuk berfoto karena spot-spotnya sangat instagramable. Sesuai dengan namanya, taman bunga ini didominasi oleh tanaman bunga begonia Bali yang berwarna merah mencolok. Bunga begonia Bali ini mekar sepanjang waktu, jadi kamu bisa kapan saja menikmati indahnya bunga ini. Taman Bunga Begonia ini buka mulai pukul 08.00-17.30. Sementara untuk tiket masuknya, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 10.000 saja loh JBers. Tapi kalau kamu membawa kamera DSLR, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan Rp 50.000.

Taman Bunga Selecta

Taman Bunga Selecta (www.alamasedy.com)

Meluncur ke daerah Jawa Timur, ada taman bunga yang berada di Kota Wisata Batu, Malang. Taman Bunga Selecta ini sudah ada sejak tahun 1930 dan dibangun oleh Ruyter de Wildt, seorang warga negara Belanda yang ingin menandingi Keukenhof Garden di Belanda. Taman Bunga Selecta memiliki luas 18 hektare dan berisi aneka jenis bunga seperti bunga kana yang paling mendominasi, lalu ada bunga krisan, mawar, soka, anggrek, dan masih banyak lagi. Lokasi Taman Bunga Selecta yang berada di ketinggian 1100 meter dari atas permukaan laut membuat udara di sini sangat sejuk karena bersuhu 17 derajat celcius. Untuk masuk ke Taman Bunga Selecta ini kamu cukup membayar Rp 25.000 saja kok JBers. Sedangkan untuk jam bukanya mulai dari pukul 06.00-18.00.

Taman Bunga Oro-oro Ombo

Taman Bunga Oro-oro Ombo (www.nyoozee.com)

Taman bunga yang masih berada di kawasan Batu, Malang ini berlokasi di jalur pendakian menuju puncak Gunung Semeru sehingga kamu tak mengeluarkan biaya untuk dapat menikmati keindahan yang ada di taman bunga ini. Di sini kamu bisa menyaksikan hamparan bunga berwarna ungu yang terlihat cantik saat di pandang mata. Kebanyakan orang mengira kalau bunga berwarna ungu ini adalah bunga lavender, padahal aslinya bunga ini adalah bunga Verbena Brasiliensis. Ada yang unik dari taman bunga Oro-oro Ombo ini dibanding taman bunga yang lainnya. Jika biasanya pengelola taman bunga melarang kamu untuk memetik bunga-bunganya, di taman bunga Oro-oro Ombo ini kamu justru diperbolehkan untuk memetik bunga yang ada di sini karena bunga Verbena Brasiliensis ini merupakan bunga yang menyerap banyak air sehingga bisa merusak ekologi dan eskosistem sekitar. Oleh karena itu, pihak pengelola justru membolehkan kamu untuk memetik bunga Verbena yang ada di sini.

Taman Bunga Marigold

Kebun Bunga Marigold (benihpertiwi.com)

Taman bunga yang satu ini mungkin kamu sudah tahu karena Taman Bunga Marigold ini merupakan taman bunga yang paling hits di instagram karena sering dijadikan latar prewedding. Taman Bunga Marigold ini awalnya hanya merupakan ladang perkebunan rakyat yang terdiri dari berbagai macam sayuran lalu kemudian beralih fungsi menjadi taman bunga yang ditumbuhi bunga marigold atau gumitir yang merupakan bunga berwarna orang kekuningan yang sering digunakan masyarakat Bali untuk pelengkap sajen berdoa setiap harinya. Kamu bisa menemukan Taman Bunga Marigold ini di desa Belok kabupaten Badung, Bali. (jow)