Rapper? Hal yang akan terlintas di pikiran kalian adalah penjara, narkoba, dan â??blackâ? music. Tapi siapa sangka, lelaki yang memiliki keturunan Tionghoa ini bisa menjadi seorang rapper sukses yang mendobrak stereotype, menjadi sangat booming di pasar internasional, dan membuat kita bisa lebih mengeksplorasi dan lebih dekat dengan musik rap?

Ia lahir dengan nama Brian Imanuel di Jakarta pada tanggal 21 September 1999, yang pada awalnya merupakan seorang Instagram dark comedian, namun seketika melejit melalui salah satu lagunya yang berjudul â??Dat $tickâ??. Brian memiliki dua saudara kandung yang juga terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, mereka adalah Roy Leonard yang adalah seorang DJ terkenal dan Sonia Eryka yang terkenal sebagai Fashion Blogger yang sempat menjadi penyanyi cilik dengan lagu yang berjudul â??Melatiâ??. Namun siapa sangka, Rich Chigga mempelajari bahasa Inggris dengan cara otodidak dengan menonton dan mendengarkan lagu-lagu rapper luar negeri seperti Tyler The Creator, Macklemore, 2 Chainz, dan masih banyak lagi.

via hypebeast.com

Mungkin kalian mengira bahwa â??Dat $tickâ?? merupakan lagu pertama Rich Chigga, nope! Salah besar. Video pertama Rich Chigga adalah â??Living The Dreamâ??, dengan viewers 38.155, lagu itu tidak memiliki keberuntungan yang sama dengan â??Dat $tickâ?? yang menduduki sempat menduduki posisi keempat pada Billboard dan membuatnya terkenal dalam waktu kurang dari tiga minggu dengan viewers kurang lebih 600.000 setelah videonya muncul di sebuah situs bernama KollegeKid.com, yaitu sebuah website yang memuat tentang segala sesuatu yang berbau musik rap internasional. Lalu, Rich Chigga pun juga mendapatkan response yang bagus dari berbagai rapper luar negeri melalui video Youtube yang berjudul Rappers React to Rich Chigga ft. Ghostface Killah, Desiigner, Tory Lanez & More. Video itupun membuat Rich Chigga semakin kontroversial di kalangan internasional.

Rich Chigga

Kemudian ketika namanya semakin melejit, ia mengeluarkan dua buah single pada tahun 2016 yang berjudul â??Who Dat Beâ?? dan â??Seventeenâ?? dengan total penonton sebanyak 12 juta! Rich Chigga beruntung banget, ya? Ia juga memiliki banyak fans dari luar negeri yang tentunya ngegebet si doi yang masih brondong!

Kalian pasti belum pernah melihat Rich Chigga menggunakan seragam, kan? Ini dikarenakan Rich Chigga adalah seorang murid homeschooling! Mungkin sebagian besar Rich Chigga adalah seorang murid dari sekolah internasional karena aksen Inggrisnya yang sangat â??buleâ??. Tapi, ada satu fakta yang mengejutkan yang terlontar dari bibir kakak-kakak kandungnya, ada yang mengatakan bahwa orangtuanya terlalu sibuk untuk mengantarnya kesekolah karena mereka lebih sering mengurus kafenya, dan juga ada yang mengatakan bahwa ia akan menjadi tipikal murid aneh yang anti sosial. Ia lebih suka bermain komputer dan browsing ketimbang berfoya-foya dan show-off di Instagram seperti kebanyakan remaja hedon jaman sekarang. Bahkan satu fakta yang mengejutkan, Rich Chigga bukan seorang perokok maupun pemakai seperti yang kita lihat di berbagai music videonya, lho! Wow, cowok idaman banget, ya?

Hal yang menarik lagi, nih! Ternyata mengangkat beberapa isu remaja dan masyarakat dibalik lagu â??Dat $tickâ??, lho! Dalam beberapa liriknya, ia menjelaskan bahwa penggunaan cocaine sudah sangat umum di Jakarta, dan juga tentang kemiskinan di Indonesia. Kemudian tentang beberapa siaran TV yang menyiarkan drama tentang hubungan rumah tangga demi meningkatkan rating dan memperoleh keuntungan.

Menjadi seorang rapper bukanlah untuk mendapatkan kebebasan berkata kasar dan melampiaskan emosi juga melanggar etika. Namun, kita lebih sering melihat bahwa rapper lebih sering menyampaikan realita dan pesan-pesan kepada para pendengarnya dengan cara yang lebih frontal dan to the point, seperti contohnya Rich Chigga. Jangan berpikir bahwa lagu rapper adalah lagu yang aneh dan tidak pantas untuk didengar, ya! (jow)