26 tahun lalu, untuk pertama kalinya Nirvana tampil secara live membawakan lagu yang kemudian hari identik dengan band grunge asal Seattle ini, yaitu “Smells Like Teen Spirit”.  Ketika itu, 17 April 1991, Nirvana tampil di OK Hotel di Seattle, Amerika Serikat bersama band-band grunge lokal lainnya, seperti Mudhoney, Tad, Soundgarden, hingga band yang kelak jadi cikal bakal band grunge legendaris Pearl Jam, Mother Love Bone. Para penonton saat itu mungkin tak menyangka jika lagu itu bakal menjadi salah satu lagu paling ikonik sepanjang masa.

Berikut ini adalah beberapa fakta di balik lagu “Smells Like Teen Spirit” yang mungkin belum kamu tahu, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Kurt Cobain mengatakan lagu ini sebenarnya adalah sebuah rip off atau gabungan/bajakan dari beberapa lagu termasuk lagu ikonik milik Boston, â??More Than A Feelingâ?.

2. Video klip lagu â??Smells Like Teen Spiritâ?? sendiri terinspirasi dari film “Over The Edge” (1979) dan film dari band punk legendaris Ramones, “Rock â??n Roll High School” (1979).

3. Lagu ini ternyata baru tercipta beberapa minggu sebelum Nirvana melakukan sesi rekaman album “Nevermind” di tahun 1991.

4. Tahun 1994, Kurt Cobain mengatakan lagu ini ternyata terinspirasi dari salah satu lagu dari band legendaris The Pixies. â??Aku mencoba menulis lagu pop yang keren. Sebetulnya aku mencoba buat nge-rip off  The Pixies. Kami mengakui kalo kami memakai dinamika mereka, pelan dan sepi kemudian kencang dan keras,â? jelas Cobain.

5. Judul lagunya yang sedikit unik ternyata terinspirasi dari tulisan cat semprot di tembok yang ditulis oleh vokalis band Bikini Kill, Kathleen Hanna, berbunyi â??Kurt Smells Like Teen Spiritâ?.

Nirvana (Rollingstone)

6. Kurt Cobain yang mengetahuinya berpikir slogan ini adalah pesan yang revolusioner. Padahal, menurut Hanna, Teen Spirit hanyalah merk deodoran yang digunakan oleh pacar Cobain ketika itu, Tobi Vail. Cobain sendiri nggak mengetahui fakta ini hingga lagunya dirilis.

7. Ketika Kurt Cobain pertama kali menunjukkan lagu ini kepada dua rekannya di Nirvana, sang bassis, Krist Novoselic mengatakan lagu ini â??tak masuk akalâ??. Akan tetapi kemudian Dave Grohl ngebantu Kurt buat mengubah lagu ini jadi lebih baik. â??Tunggu sebentar, kenapa kita nggak lambatkan (lagu) ini sejenak. So, aku mulai bermain bagian verse, lalu Dave bermain beat drumnya,â? kata Kurt Cobain.

8. Lagu “Smells Like Teen Spirit” adalah satu-satunya lagu di album “Nevermind” dimana ketiga personel band tertulis jadi co-writer di balik kreditnya.

Nirvana (Uofmusic)

9. Lagu “Smells Like Teen Spirit” ini akhirnya direkam dengan produser Butch Vig dari band Garage, hanya dengan tiga kali take. Begitu juga dengan pembuatan video klipnya, yang juga hanya membutuhkan tiga kali take dalam prosesnya.

10. Label rekaman Nirvana, DDC, awalnya sudah menyiapkan lagu “Come As You Are” sebagai hits andalan dari album “Nevermind”. Tapi karena lagu “Smells Like Teen Spirit” sukses besar, mereka akhirnya menjadikan lagu ini sebagai andalan, dan “Come As You Are” jadi single kedua. (tom)