Mungkin kamu atau teman dan keluarga kamu salah satunya ada yang memiliki lesung pipi. Lesung pipi merupakan hal yang unik yang dimiliki oleh sebagian orang. Memiliki cekungan kecil di pipi ketika tersenyum, bisa menambah kesan manis dan imut pada seseorang.

Lalu kenapa ada sebagian orang yang memiliki lesung pipi sementara yang lainnya tidak? Pembawa acara “SciSchow”, Hank Green, menjelaskan bahwa lesung pipi muncul kemungkinan karena ada faktor genetik.

Menurut Hank, lesung pipi sendiri disebabkan karena adanya variasi pada otot bernama zygomaticus major yang menghubungkan antara mulut bagian bawah dengan tulang pipi. Pada kondisi normal saat seseorang tersenyum, otot zygomaticus seharusnya bergerak sebagai satu kesatuan menarik ujung mulut seseorang ke arah atas.

Ilustrasi lesung pipi (Merdeka)

â??Tapi kadang otot tersebut bukannya bergerak sebagai satu kesatuan ke arah tulang pipi malah terpecah menjadi dua dan menempel di dua titik,â? kata Hank seperti dikutip dari SciShow, Selasa (18/4/2017). â??Satu bagian terhubung ke titik normal yaitu bagian sebelah atas mulut, sementara titik lain menghubungkan dirinya lebih ke arah bawah. Nah, otot yang menempel pada titik bagian bawah ini bisa juga menempel pada kulit sehingga diduga menyebabkan lesung pipi,â? lanjut Hank.

Peneliti memprediksi bahwa dalam beragam populasi orang yang mempunyai lesung pipi ada sekitar 10-40 persen. Genetik disebut menjadi faktor yang bermain peran besar dalam memicu hal ini. â??Tapi faktor lingkungan bisa juga memiliki peran. Sebagai contoh lesung pipi bisa berkaitan dengan jumlah lemak di wajah dan elastisitas kulit,â? kata Hank menjelaskan lebih jauh.

Artis berlesung pipi (YouTube)

â??Lesung pipi ini bisa datang dan pergi seiring berjalannya waktu. Pada beberapa orang, lesung pipi mungkin hanya muncul ketika mereka dewasa sementara pada orang lain hanya muncul saat anak-anak,â? pungkasnya. (tom)