Proses produksi sebuah film di Hollywood ternyata tak semudah yang kamu bayangkan. Selain dialog antar karakter, film juga dilengkapi dengan scoring musik dan berbagai efek dalam adegan yang ditampilkan. Faktanya, efek suara dalam sebuah adegan film seringkali tak diambil bersamaan dengan adegan gambar.

Pertimbangannya teknisnya pun beragam, mulai dari efek suara yang terlalu kecil, atau hingga noise yang justru mengganggu efek suara yang diharapkan. Pada akhirnya, efek suara dalam film harus dilakukan secara terpisah oleh kru produksi yang sudah ahli di bidangnya. Siapa yang menduga, adegan sederhana seperti orang yang sedang berkuda harus membutuhkan efek terpisah dalam produksinya.

Pembuatan efek suara film Hollywood (YouTube)

Proses produksi efek suara dalam film ini biasanya dibuat oleh para seniman suara atau yang biasa disebut dengan Foley Artist. Istilah Foley sendiri diambil dari nama seniman pertama yang membuat efek suara, yakni Jack Donovan Voley.

Dalam prosesnya, para Foley Artist ini seringkali menggunakan berbagai barang-barang sederhana untuk bisa menghasilkan efek suara di berbagai adegan. Seperti suara gemertak api yang menggunakan plastik sebagai penggantinya. Suara detik bom yang menggunakan suara detik jam weker, hingga suara derap kaki kuda yang menggunakan kulit kelapa yang dihantamkan layaknya kuda yang sedang berjalan.

Pembuatan efek suara film Hollywood (YouTube)

Selain itu, mereka juga sering menggunakan obyek asli untuk meniru efek suara dalam adegan. Seperti pasir yang digunakan untuk membuat suara langkah kaki di jalan yang berkerikil, atau ember besar berisi air buat bikin efek suara orang yang sedang mendayung sampan di sungai.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat video berikut ini.

(tom)