Kebanyakan anak muda saat ini lebih menyukai lagu-lagu barat dengan lirik lagu berbahasa Inggris. Tak hanya itu, banyak dari mereka yang menjadikan band-band luar sebagai kiblat untuk berkreasi. Uniknya, beberapa band luar justru kepincut dengan kekayaan budaya Indonesia. Salah satu cara mereka menunjukkan kekaguman tersebut adalah dengan menciptakan lagu-lagu berbahasa Indonesia. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 musisi luar yang memakai lirik bahasa Indonesia dalam karyanya.

1. J2O

Mie instan memang telah menjadi makanan favorit banyak orang. Sampai-sampai, seorang rapper asal Nigeria bernama J2O membuat video musik berjudul “Indomie” yang merupakan mie instan asal Indonesia, lengkap dengan cuplikannya. Dimulai saat ia menyeduh mie instan itu di dapur bersama para wanita, pamer stok mie di bagasi, sampai membagi-bagikan mie instan tersebut ke rumah orang lain.

2. The Secret Prostitutes

The Secret Prostitutes adalah band punk asal Texas, Amerika Serikat. The Secret Prostitutes memiliki lagu andalan dengan judul “Bau Sampah”. Ternyata, lagu tersebut diciptakan oleh sang drummer yang merupakan orang Indonesia.

3. Fransoa

Bila di Indonesia ‘aku lapar’ menyatakan keinginan seseorang, maka di tangan bank punk Prancis Fransoa, dua kata tersebut berubah menjadi judul lagu yang berisi pemberontakan, konspirasi, dan protes. Fransoa sendiri merupakan grup band yang telah cukup mengenal Indonesia.

4. Arrington de Dionyso

Tak ingin ketinggalan dengan para musisi musik keras, grup band asal Washington ini menciptakan lagu berbahasa Indonesia dengan musik jazz mix avant garde. Bahkan, di dalam album “Malaikat dan Singa” tersebut, hampir semua lagunya memiliki lirik berbahasa Indonesia.

5. David Bowie

Musisi terkenal sedunia ini telah meninggal dunia tahun lalu. Meski demikian, karya-karyanya akan tetap dikenang oleh para penggemarnya. Salah satu karya David Bowie yang cukup dikenal orang Indonesia adalah “Jangan Susahkan Hatiku”, yang merupakan versi bahasa Indonesia dari lagu “Don’t Let Me Down & Down” (tom)