JBers, kamu pasti sering alami kejadian dimana sepatu yang sedang kamu pakai talinya tiba-tiba terlepas?. Yup, kejadian ini juga sering banget dialami oleh orang lain juga kok, nggak usah panik ya. Berangkat dari masalah sepele itu, jadiBerita akan berikan penjelasan ilmiahnya kenapa tali sepatumu sering lepas tiba-tiba.

Proceedings of the Royal Society, grup ilmuwan dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat (AS) yang terdiri dari Christopher Daily-Diamond, Christine Gregg dan Oliver Oâ??Reilly melakukan penelitian selama dua tahun demi memberikan jawaban atas keresahan kamu selama ini. Menurut mereka, ada dua penyebab yang membuat tali sepatu kami kendor sendiri. Pertama, karena hentakan kaki dan ujung tali yang terurai. Kaki kamu yang menghentak akan jadi pemicu utama dan tali kemudian lama-lama semakin mengendur, Seperti yang jadiberita dapatkan infonya di laman economist, Selasa (18/4).

Para ilmuwan yang kayaknya kurang kerjaan itu hehe, melakukan pengamatan selama 100 jam dengan kamera super cepat. Percobaan dilakukan kepada seorang atlet yang sedang berlari di atas treadmill. Dengan begitu mereka kemudian mendapatkan kesimpulan atas masalahmu. Gaya yang bekerja pada ujung tali sepatu atlet yang sedang berlari atau berjalan cepat lebih kuat dibandingkan dengan roller coaster berkecepatan tinggi.

Oke, sekarang kamu sudah paham kan, kenapa tali sepatu kamu sering copot sendiri. Tapi bagaimana solusinya agar hal itu nggak lagi terjadi?. Tenang, selain jawaban, jadiBerita tentu akan kasih solusinya sekaligus jadi nggak kentang!. hehe.

Kamu cukup ikat tali sepatu yang membuat ikatan dan ujung tali sepatu mengarah tegak lurus terhadap kaki. Masih belum kebayang kaya gimana? nih biar gampang dipahami, pake gambar aja ya.

Nah sekarang sudah lebih jelas untuk kamu dengan ilustrasi diatas. Kini kamu tidak perlu menyalahkan rumput yang bergoyang karena kamu tidak tahu kenapa tali sepatumu copot sendiri. Bagikan info menarik ini agar nggak cuma kamu aja yang tahu solusinya, tapi juga teman-teman kamu ya. Selamat mencoba! (jow)