Danau Kelimutu Flores (anekatempatwisata.com)

Indonesia terkenal akan kekayaan alamnya yang sangat indah. Tak ada yang bisa menandingi keindahan alam Indonesia. Kekayaan alam Indonesialah yang menjadi daya tarik utama wisatawan lokal dan juga mancanegara. Mulai dari pantai, laut, gunung, hutan, hingga danau yang yang menyimpan banyak keindahan yang sanggup memikat hatimu. Indonesia tercatat memiliki lebih dari 120 danau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Beberapa di antaranya ada yang terletak di tengah hutan, di bawah gunung, hingga di atas gunung. JadiBerita sudah merangkum lima danau terindah di bumi pertiwi yang keindahannya sanggup memikat hatimu. Yuk lihat!

Danau Toba

Danau Toba (www.wisataonesia.com)

Danau Toba menjadi salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dengan kedalaman 40 meter. Danau Toba berada di kawasan Sumatera Utara dan memiliki keunikan memiliki pulau di tengah-tengahnya yang dinamakan pulau Samosir. Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung berapi yang sangat besar sehingga menghasilkan kaldera yang kemudian terisi oleh air. Air di danau ini terlihat sangat jernih karena kebersihannya sangat dijaga oleh warga lokal. Selain air danau yang jernih, pemandangan alam di sekitar danau Toba sangat asri dan hijau.

Danau Kelimutu

Dananu Kelimutu (planet.com)

Danau Kelimutu atau yang lebih dikenal dengan nama danau Tiga Warna adalah danau yang terletak di puncak Gunung Kalimutu, Taman Nasional Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan julukannya, danau Tiga Warna ini terdiri dari tiga danau yang berdekatan dengan warna air yang sangat berbeda yakni warna hijau toska, biru laut, dan cokelat kehitaman. Berhubung danau Kelimutu ini berada di puncak gunung, maka kamu harus mendaki terlebih dahulu nih JBers. Tapi tenang saja, jalur pendakian di sini berupa ribuan anak tangga yang memudahkan kamu mencapai lokasi. Danau Kelimuti ini sering sekali diselimuti oleh kabut sehingga waktu yang tepat untuk kamu mendaki adalah sebelum fajar. Selain bisa melihat dengan jelas danau Kalimutu, kamu juga bisa mendapat bonus pemandangan sunrise yang sangat indah loh.

Danau Sentani

Danau Sentani (indonesiana.co.id)

Papua tak hanya memiliki wisata alam Raja Ampat yang namanya sudah mendunia. Papua juga memiliki wisata alam lainnya yakni danau Sentani yang tak kalah indahnya dari Raja Ampat. Danau Sentani ini terkenal dengan pemandangan sekitarnya yang sangat indah. Ada deretan bukit-bukit hijau yang mengelilingi danau. Tak hanya pemandangannya saja yang indah, danau Sentani ini memiliki keanekaragaman biota air seperti ikan hiu sentani, ikan pelangi merah, ikan hiu gergaji, dan lain sebagainya. Sentani memiliki arti â??di sini kami tinggal dengan damaiâ??. Oleh karena itu, suku asli Sentani yang mendiami 22 pulau di sekitar danau ini selalu hidup dengan tentram dan damai.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak (travel.nationalgeographic.com)

Danau Segara Anak adalah dananu yang berada di kawah Gunung Rinjani yang berada di Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penamaan danau Segara Anak ini memiliki arti â??anak lautâ?? karena air yang ada di danau Segara Anak berwarna biru yang mengingatkan akan warna biru laut. Untuk mencapai danau ini, kamu harus mendaki terlebih dahulu karena danau ini berada di ketinggian 2000 meter. Meski lelah mendaki, tapi pemandangan indah yang diberikan Danau Segara Anak ini benar-benar bisa membuat kamu jatuh cinta. Di sekitar danau ini, terdapat sumber air panas yang konon dapat mengobati berbagai macam penyakit loh JBers.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin (ksmtour.com)

Danau indah yang terakhir adalah danau Labuan Cermin yang ada di Desa Labuan Kelambu, Kalimantan Timur. Sesuai dengan namanya, air yang ada di danau ini memang mirip dengan cermin karena terlalu jernih. Kedalaman danau Labuan Cermin ini hanya sekitar tiga meter sehingga kalian bisa melihat bebatuan dan karang yang ada di dasar danau dengan mata telanjang. Danau Labuan Cermin ini mendapat julukan sebagai danau dua rasa karena air yang ada di dalamnya merupakan perpaduan antara air laut yang ada di permukaan dan air tawar yang berada di dasarnya. Warna air yang ada di danau ini merupakan warna gradasi biru tua, biru muda, dan hijau toska yang mampu membuat perasaan hati dan pikiranmu jadi jernih. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di danau Labuan Cermin ini seperti naik perahu, berenang, snorkeling, dan kegiatan air lainnya.

Pemandangan indah danau-danau di atas bisa memikat hatimu tidak JBers? (jow)