Makanan Kesukaan Ridwan Kamil (tribunnews.com)

Ridwan Kamil, siapa tak kenal sosok tokoh muda Indonesia yang memiliki segudang prestasi ini. Ridwan Kamil atau yang lebih dikenal dengan panggilan Kang Emil ini mulai menjabat sebagai walikota Bandung yang ke-26 sejak September 2013 hingga sekarang. Memiliki latar belakang pendidikan arsitek, lantas tak menyurutkan niat Kang Emil untuk menjadi politisi.

Ia memiliki prinsip kalau ilmu yang sudah ia pelajari harus ia terapkan untuk membangun kota kelahirannya agar jadi kota yang lebih maju karena menurutnya kecerdasan tak akan berguna jika tidak bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Ia pun bertekad untuk mengabdikan diri pada tanah air. Berhubung Kang Emil sangat cinta tanah air, makanan kesukaannya adalah makanan tradisional. Penasaran apa saja sih makanan kesukaan walikota Bandung ini? Mari kita lihat JBers!

1.Soto

Soto Ayam (www.resepsoto.com)

Soto menjadi makanan yang paling sering disantap Kang Emil, terutama saat ia sedang berpuasa. Jenis soto kesukaannya pun beragam, bisa soto ayam, soto Betawi, dan lain sebagainya. Soto merupakan makanan berkuah khas Indonesia yang terbuat dari bahan baku daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lada, kuyit, dan rempah-rempah lainnya. Soto biasanya disajikan dengan nasi, bihun, perkedel, sayuran seperti kol, tauge, tomat, dan daun seledri. Untuk pelengkapnya ada emping, kerupuk, sambal, dan jeruk limau untuk menambah citarasa.

2.Rawon

Rawon (www.harianindo.com)

Masih dengan makanan berkuah, rawon menjadi kuliner khas Jawa Timur yang masuk dalam daftar makanan kesukaan Kang Emil. Rawon merupakan sup daging yang berbeda dari sup kebanyakan karena memiliki ciri khas warna yang hitam pekat. Warna hitam pekat ini dihasilkan dari campuran kluwek yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Rawon terbuat dari daging sapi yang dicincang dan direbus hingga matang bersama dengan campuran aneka bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kunir, garam, sereh, dan yang tak boleh ketinggalan adalah kluwek untuk pewarna hitam alaminya. Rawon disajikan bersama dengan nasi putih, tauge kecil, daun bawang, telur asin, dan kerupuk udang.

3.Sayur Lodeh

Sayur Lodeh (selerasa.com)

Kang Emil memang sangat suka dengan makanan berkuah, oleh karena itu tak heran jika sayur lodeh yang menjadi masakan khas Jawa Tengah ini menjadi salah satu makanan kesukaan Kang Emil. Sayur lodeh merupakan sayur kuah santan yang berisi labu, kacang panjang, terong, tempe, jagung, cabai hijau, dan lain sebagainya. Sayur lodeh disantap dengan paduan serundeng daging atau empal daging, telur asin, ikan asin, dan pastinya sambal untuk menambah citarasa pedas.

4.Nasi Timbel

Nasi Timbel (hello-pet.com)

Seolah tak pernah lupa pada kota kelahirannya, Kang Emil sangat suka sekali menyantap nasi timbel khas Sunda. Nasi timbel atau yang dalam bahasa Sunda adalah sangu timeul merupakan nasi dengan tekstur pulen yang dibungkus dengan nasi daun pisang dan disajikan dengan aneka lauk pauk seperti ayam, tempe, dan tahu goreng, lalapan, dan yang tak boleh ketinggalan sambal dadakan atau sambal terasi yang bikin nasi timbel semakin sedap.

5.Nasi Liwet

Nasi Liwet (blog.kulina.id)

Terakhir ada nasi liwet yang merupakan kuliner khas Solo, Jawa Tengah. Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak dengan santan kelapa dan disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus, tempe tahu bacem, dan areh yang terbuat dari santan kelapa kental. Citarasanya sudah pasti sangat gurih dan aromanya wangi dimasak dengan banyak rempah-rempah. Di kota asalnya, kuliner ini dijajakan oleh penjual kaki lima yang kebanyakan adalah ibu-ibu yang menggendong bakul bambu berisi nasi liwet.

Dari lima makanan tradisional kesukaan Kang Emil di atas, ada tidak yang juga merupakan makanan kesukaanmu? (jow)