Mengapa Weekend Justru Membuatmu Semakin Lelah?


Weekend adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi kamu yang bosan dengan rutinitas dari hari Senin sampai Jumat. Weekend juga menjadi waktu yang tepat bagi kamu si pemalas untuk leyeh-leyeh dikamar. Namun bagi sebagian orang, Weekend juga menjadi waktu yang tepat untuk melepas penat dengan cara berlibur maupun cukup dengan berkumpul bersama sahabat.

Namun tahukah kamu, kalau ternyata waktu libur weekend justru membuat kamu lebih lelah?. Masa sih? dari pada kamu buru-buru mengatakan nggak percaya, lebih baik kamu baca dulu penjelasan ilmiahnya berikut ini.

Seperti diberitakan Independent, para peneliti Sweden Karolinska Institute, mengatakan jika tidur terlalu lama di hari libur membuat tubuh kamu secara alami akan merasa lebih lelah dari biasanya. Sampai sini kamu sudah mulai ngerti kan, kalau liburan sebaiknya jangan diisi dengan tidur terus ya…

“Hal ini terjadi akibat ritme sirkadian menyebabkan tubuh menjadi jet-lag dan membuat kamu semakin lemas dan lelah,” ujar psikolog sekaligus sang peneliti, Susanna Jernelov.

Ia juga menyarankan kamu untuk pintar mengatur waktu tidur agar tidak merasa kelelahan.

“Kamu harus bangun lebih awal dan tidur di waktu yang sama setiap harinya. Hindari untuk begadang di akhir pekan,” tambahnya.

Selain itu, terlalu banyak tidur di waktu weekend juga mampu meningkatkan resiko diabetes dan jantung. Serem juga ya. Penelitian menemukan adanya hubungan antara perubahan pola tidur dan perubahan hasil tes darah, dengan melihat adanya perubahan kadar trigliserida lemak dan kolesterol. Bahkan pola tidur buruk juga berimbas pada berat badan.

Lagi pula, kamu juga harus memanfaatkan waktu liburan kamu sebaik mungkin dengan kegiatan-kegiatan yang positif diluar sana. Percaya guys! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak