Hulk seperti yang kita ketahui merupakan salah satu anggota The Avengers bersama Captain America, Iron Man, atau Thor. Hulk merupakan karakter terkuat di Marvel Cinematic Universe. Namun, rupanya tokoh Hulk ini memiliki kisah tersembunyi, yang mungkin belum kamu tahu. Berikut adalah 5 kisah tersembunyi Hulk seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Kematian Hulk

Hulk (Marvel)

Dalam versi komiknya, cerita terakhir perjalanan Hulk dan Bruce Banner sangat mengharukan dan menyedihkan. Dalam komik berjudul “Hulk: The End” yang terbit pada bulan agustus 2002 ini diceritakan jika kondisi bumi ini sudah hancur dan tak ada lagi manusia yang hidup, kecuali Bruce Banner dan dirinya yang lain yang sering disebut Hulk. Pada posisi ini Bruce sudah menjadi seorang lelaki tua, tetapi dengan adanya Hulk, Bruce selalu selamat dari bahaya yang menghadangnya.

Sekitar 200 tahun lamanya, Banner bersama Hulk berkelana di Bumi yang sudah tak dihuni oleh manusia. Mereka bertemu kekuatan musuh, koloni serangga raksasa yang tercipta karena radiasi. Serangga-serangga menyerang Hulk secara tiba-tiba. Karena banyaknya serangga yang menyerang, tubuh Hulk di makan hidup-hidup oleh sang serangga. Tetapi sekali lagi sebagai makhluk terkuat di Bumi, Hulk tak mati begitu saja. Dengan kemampuan penyembuhan diri yang luar biasa, Hulk pun bisa menghindar dari kematian total, dan membawa Bruce kembali hidup. Dalam posisi ini Bruce berbicara dengan pikirannya sendiri, dengan Hulk agar membiarkan Bruce mati.  Dalam suasana yang tak menentu dan pikiran Hulk yang selalu ingin menyendiri, akhirnya diceritakan Hulk membiarkan Bruce mati, dan Hulk sendiri akhirnya benar-benar melanjutkan kesendiriannya di bumi, tanpa lagi bisa berubah menjadi Bruce Banner.

2. Hulk merah

Hulk merah (Marvel)

Dalam versi animasinya, cerita Hulk sempat menceritakan tentang The Red Hulk atau juga dikenal dengan Hulk Merah. Dalam serialnya Hulk Merah muncul tanpa asal usul yang jelas. Karakter ini dengan cepat menarik perhatian penggemar karena di ceritakan jika Hulk Merah bisa mengalahkan musuh terbesar Hulk, The Abomination, yang sejauh cerita tersebut ditulis Hulk belum bisa mengalahkannya.

Hulk Merah secara teknis memiliki kekuatan sama dengan yang dimiliki Hulk, tetapi Hulk Merah mempunyai satu kelebihan, dia bisa menyerap radiasi gamma yang ada di tubuh Hulk dan menjadikannya kekuatan tambahan Hulk Merah, oleh karena itu Hulk juga akan bisa dikalahkannya jika mereka bertarung. Akhirnya serial animasi itu mengungkap identittas Hulk Merah, yang tak lain tak bukan adalah satu-satunya manusia yang memburu Hulk dari awal yaitu Jendral Thaddesu Ross, yang dalam film “The incredible Hulk” (2008) dimainkan oleh William Hurt.

3. Kekuatan Hulk

Hulk (Marvel)

Salah satu kekuatan Hulk terletak di emosinya, antara kemarahan dan cinta. Semakin marah seorang Hulk kekuatannya akan semakin besar, tetapi jika emosinya bisa diredam dengan kekuatan cinta, dia bisa juga tiba-tiba tak berdaya. Dalam serial komiknya Hulk pernah sangat marah dan dia bisa meloncat hingga keluar dari orbit bumi. Satu contoh lagi dari video promosi film “Avengers: Age of Ultron”, saat Hulk tak terkendali, dia secara tiba-tiba bisa dikendalikan oleh Black Widow hanya dengan ketenangan dan sebuah sentuhah tangan. Hulk juga bisa bernafas di dalam air. Satu hal lagi kekuatan aneh yang dimiliki Hulk adalah dia bisa melihat hantu. Hal ini membuat Hulk menjadi salah satu dari beberapa karakter Marvel yang bisa melihat wujud Dr. Strange saat dia dalam mode astral.

4. Planet Hulk

Hulk (Marvel)

Dalam cerita komik, Hulk sempat dikirim ke luar angkasa oleh anggota Avengers untuk diasingkan. Hulk yang dibuang ke luar angkasa marah besar. Karena kemarahannya itu, Hulk yang harusnya dikirim ke planet tak berpenghuni malah akhirnya jatuh di sebuah planet berpenduduk. Di planet itu Hulk menjadi seorang petarung hebat dan akhirnya bisa menyatukan kerajaan-kerajaan di planet tersebut, hingga dia dianggap sebagai penyelamat planet tersebut.

5. Hulk vs Wolverine

Hulk vs Wolverine (Nerdist)

Ada kalanya saat Hulk tak lagi bisa dikontrol oleh S.H.I.E.L.D. Dia mulai sering berubah tak terkendali hingga merusak apa yang ada di sekitarnya. Hal in membuat Nick Fury merasa harus mengambil tindakan. Dia menyuruh Wolverine untuk menghabisi Hulk. Kisah ini ada dalam serial animasi “Ultimate Wolverine vs. Hulk”. Tetapi dalam pertempuran ini ada kejadian menggelikan sekaligus sadis. Hulk membelah tubuh Wolverine menjadi dua bagian, dan bagian kaki ke bawah dibuang Hulk ber mil-mil jauhnya. Kemudian Wolverine ditinggalkan sendiri dengan badan yang tinggal separuh. Karena sama-sama mempunyai kemampuan penyembuhan diri yang tinggi, Wolverine tak mati saat itu, pertempuran mereka berlanjut saat Wolverine menemukan bagian tubuhnya yang hilang dan kembali melacak keberadaan Hulk. (tom)