K-ROCK

Berbicara mengenai negara Korea Selatan, tentu terkenal akan budaya musiknya yang dikenal dengan istilah K-Pop. Namun ternyata, tak semua warga Korsel yang berkecimpung dalam bidang musik akhirnya menjadi boyband atau girlband, karena ada juga yang memilih untuk membentuk grup band rock. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 band rock asal Korea Selatan yang tak kalah kece dibandingkan musisi K-Pop.

1. Royal Pirates

Band rock Korea-Amerika ini beranggotakan Moon Kim, Kim Soo-yoon dan James Lee. Mereka memulai debut pada tahun 2013. Band yang di bawahi oleh label musik Universal Music ini pernah memenangkan Hall of Fame Award atas lagu mereka yang berjudul “Love Toxic” pada tahun 2014.

2. Nell

Band yang beranggotakan Kim Jong-wan, Lee Jae-kyong, Lee Jung-hoon, Jung Jae-won ini sudah lama malang melintang di dunia indie rock Korea. Musik mereka kurang lebih dipengaruhi oleh musisi Inggris seperti Coldplay, Muse, Placebo dan Radiohead. Salah satu kunci dari kesuksesan mereka adalah musik serta lirik mereka yang sentimental.

3. Hyukoh

Band yang terbentuk pada Mei 2014 ini beranggotakan Oh Hyuk, Im Dong-gun, Lim Hyun-jae, dan Lee In-woo. Band yang beraliran indie rock ini berhasil mencuri perhatian penggemar musik Korea. Terbukti dari pencapaian mereka yang meraih penghargaan bergengsi Negeri Ginseng seperti Golden Disc Award Best Rock Award dan Seoul Music Awards Performance Award.

4. Jaurim

Jaurim sendiri sudah berkecimpung di musik indie sebelum tahun 1997 dan mulai memasuki major musik dengan dirilisnya “Hey Hey Hey” pada tahun tersebut. Mereka juga merupakan langganan pemenang Golden Disc Award, Mnet Asian Music Awards untuk kategori rock performance.

5. CNBLUE

Band yang satu ini memang sudah cukup dikenal oleh kalangan pecinta Korea di Indonesia. Dikenal juga sebagai Code Name Blue yang merupakan band indie rock yang beranggotakan Jung Yong-hwa, Lee Jong-hyun, Lee Jung-shin dan Kang Min-hyuk. Mereka debut di Jepang pada 19 Agustus 2009 dengan album peertama berjudul “Now or Never”. Mereka memulai debut Korea pada 14 Januari 2010 dengan album mini “I’m a Loner”. (tom)