Aksi seorang tukang cukur rambut baru-baru ini menjadi viral di media sosial. Bagaimana tidak, tukang cukur itu menggunakan teknik tradisional dengan memakai besi panas untuk memangkas dan merapikan rambut para pelanggannya.

Dilansir dari Nextshark, Selasa (25/4/2017), tukang cukur itu diketahui bernama Wang Meimei asal Jinshi, Provinsi Sichuan, Tiongkok. Metode tradisional yang populer sejak 1980-an itu sudah ia pelajari sejak berusia 17 tahun. Wang sendiri mengaku ingin melestarikan teknik tersebut karena keunikannya.

Untuk merapikan rambut para pelanggan, Wang hanya perlu menggunakan besi yang sudah dipanaskan dengan api dan mencelupkannya dalam air. Lalu ia membungkus rambut di sekitar penjepit untuk membuat ikal.

Meski unik, para pelanggan harus menanggung risiko jika penjepit terlalu panas dan kemungkinan rambut mereka akan terbakar. Untungnya, Wang selalu berhati-hati dan sudah terlatih sehingga ia tak pernah melakukan kesalahan atau membakar rambut pelanggan.

Meski penuh resiko, tukang cukur yang sudah berusia 74 tahun itu hanya memberikan tarif USD 0,5 atau sekitar Rp 7 ribu. Cara unik ini bahkan telah ia ajarkan pada cucu perempuannya agar usaha cukur rambut pakai besi panas ini tetap bertahan di tengah zaman yang serba canggih seperti sekarang ini.

Berikut ini videonya.

(tom)